PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN ONLINE TANAMAN HIAS MENUJU SMART VILLAGE BERLANDASKAN TRI HITA KARANA DI DESA PETIGA, MARGA, TABANAN

Authors

  • N. Putri Sumaryani Univeristas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Wayan Sunita Univeristas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Nyoman Parmithi Univeristas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Putu Gede Subhaktiyasa STIKES Wira Medika

DOI:

https://doi.org/10.59819/sewagati.v1i2.2896

Keywords:

Pemasaran Online Tanaman Hias, Smart Village, Tri Hita

Abstract

Desa Petiga merupakan desa yang dikenal sebagai pengahasil tanaman hias, Desa yang memiliki luas daerah 2,82 km2  dengan jumlah penduduk 1,769 jiwa yang memiliki keunikan hampir 90% masyarakatnya berkerja sebagai petani tanaman hias, namun dalam kegiatan pemasaran masih kalah dibandingkan dengan wilayah lain yang tidak banyak menghasilkan tanaman hias. Guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa petiga dilakukan Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Online melalui dua tahap yaitu pembuatan media social dan pemanfaatan media social untuk kegiatan pemasaran. Pemanfaatan media sosial dan aplikasi shopee yang benar- benar optimal diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Petiga, sehingga Desa Petiga dapat berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan dengan tetap mengusung konsep kearifan lokal Tri Hita Karana yang berarti tiga penyebab kebahagiaan yang terdiri dari hubungan baik dengan Tuhan Yang Maha Esa (Parahyangan), hubungan baik dengan sesama manusia (Pawongan),  dan  hubungan  baik  dengan  alam  (palemahan)  akan  menjadikan landasan kuat untuk mengembangkan Desa Agropolitan Desa Petiga menjadi desa wisata dengan konsep “Smart Village

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-09

Issue

Section

Articles