PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.59819/sewagati.v1i2.2895Keywords:
Contextual teaching and learning, kematangan karirAbstract
Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu para guru bimbingan dan konseling atau konselor sekolah di dalam meningkatkan kompetensinya untuk memberikan layanan klasikal kepada siswa. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah dalam bentuk pelatihan penerapan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Adapun melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan para guru bimbingan dan konseling dapat mengoptimalkan layanan klasikal untuk menyampaikan materi tentang karir sehingga siswa menjadi lebih matang dalam pemahaman karirnya. Peserta dalam kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 4 orang guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 8 Denpasar. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan partisipasi aktif dari guru bimbingan dan konseling di mana dapat terlihat dari sangat antusiasnya di dalam menerima penyampaian materi dari narasumber. Lebih lanjut, untuk melihat keefektifan dari kegiatan pelatihan maka dilanjutkan dengan sesi simulasi mengajar dimana para guru bimbingan dan konseling atau konselor sekolah secara bergantian melakukan simulasi mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Adapun berdasarkan hasil observasi diperoleh data bahwa guru bimbingan dan konseling sudah menerapkan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learningdengan baik di kelas terhadap siswa dalam menyampaikan materi terkait dengan karir siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
Authors who publish with the Jurnal Sewagti agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access) .