LITERASI DIGITAL PEMANFAATAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN MENTIMETER BAGI CALON GURU PENDIDIKAN SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7455713Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi digital dengan memanfaatkan blended learning berbantuan mentimeter bagi calon guru Pendidikan Sejarah Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Pemanfaatan teknologi bukanlah hal baru bagi calon guru dan dalam hampir setiap kegiatan tidak lepas dari produk teknologi. Demikian, bagi calon guru pun harus mampu menggunakan atau membuat media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi. Diantara perantara atau media pembelajaran tersebut ialah pemanfaatan blended learning berbantuan mentimeter .Dengan media ini calon guru dapat memberikan materi pelajaran yang dapat diakses oleh siswa dan mengemas kegiatan belajarnya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Mentimeter dan berbasis literasi digital. Pemanfaatan blended learning berbantuan mentimeter oleh calon guru memberikan pengalaman kepada siswa untuk memahami teori dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dalam memanfaatkan literasi digital yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran secara luring, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Tahapan yang terdapat dalam literasi digital meliputi: kompetensi digital, penggunaan digital, dan transformasi digital. Secara garis besar artikel ini akan menjelaskan tentang blended learning berbantuan modul aplikasi mentimeter, literasi digital, dan proses belajar mengajar.
Downloads
Published
Issue
Section
Authors who publish with the Jurnal Sewagti agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access) .