LITERASI DIGITAL PEMANFAATAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN MENTIMETER BAGI CALON GURU PENDIDIKAN SEJARAH

Authors

  • Ni Komang Sri Yuliastini Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Depi Sucipto
  • Ni Made Dwi Narita Kusumawardani

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7455713

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi digital dengan memanfaatkan blended learning berbantuan mentimeter bagi calon guru Pendidikan Sejarah Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Pemanfaatan teknologi bukanlah hal baru bagi calon guru dan dalam hampir setiap kegiatan tidak lepas dari produk teknologi. Demikian, bagi calon guru pun harus mampu menggunakan atau membuat media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi. Diantara perantara atau media pembelajaran tersebut ialah pemanfaatan blended learning berbantuan  mentimeter .Dengan media ini calon guru dapat memberikan materi pelajaran yang dapat diakses oleh siswa dan mengemas kegiatan belajarnya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Mentimeter dan berbasis literasi digital. Pemanfaatan blended learning berbantuan mentimeter oleh calon guru memberikan pengalaman kepada siswa untuk memahami teori dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dalam  memanfaatkan literasi digital yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran secara luring, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Tahapan yang terdapat dalam literasi digital meliputi: kompetensi digital, penggunaan digital, dan transformasi digital. Secara garis besar artikel ini akan menjelaskan tentang blended learning berbantuan modul aplikasi mentimeter, literasi digital, dan proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-19

Issue

Section

Articles