PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA SISWA KELAS V SDN 6 ABIANSEMAL BADUNG
DOI:
https://doi.org/10.59672/senama.v3.4081Keywords:
AKM, hasil belajar, numerasi, pembelajaran kolaboratifAbstract
Numerasi merupakan kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar dan menganalisis informasi yang ditampilan dalam berbagai bentuk untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari. Namun masih banyak siswa yang belum bisa mengerjakan soal numerasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai numerasi siswa kelas V di SDN 6 Abiansemal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 6 Abiansemal Badung Tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari refleksi awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/ pengumpulan data, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes tertulis. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai numerasi siswa dilihar dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Kenaikan dari siklus I dan siklus II terjadi kenaikan yang sudah cukup memenuhi standard ketuntasan, kenaikan sebesar 86,21%. Peningkatan tersebut berkaitan dengan adanya pembagian kelompok yang tepat dalam pemilihan ketua kelompok pada setiap kelompok sehingga kegiatan tutor teman sebaya yang dilakukan pada setiap kelompok berjalan sesuai harapan.
Downloads
References
Astutik, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Problem Based Learning ( Pbl) Pada Siswa Kelas Vi Sdn Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu. Suparyanto Dan Rosad (2015, 1(3), 562–582.
Dwi Indriani, F., Apit Fathurohman, & Nurlaila, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Model Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 Di SDN 148 Palembang. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 56–63. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2455
Fachrudi, D., Marsidi, & Agustin, I. H. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga di SDN Sukorejo 6. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 8(1), 41–48. https://doi.org/10.31537/dedication.v8i1.1703
Fauzanah, A. E., Koes, L., & Astuti, P. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika Siswa SMA melalui Model Problem Based Learning. Jurnal On Education, 06(04), 22778–22788.
Kusuma Ardi, S. D., & Desstya, A. (2023). Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v5i1.22934
Nurcahyono, N. A., Kunci, K., Literasi, K., Numerasi, K., & Pembelajaran, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. HEXAGON: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika. Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 2988–7763. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924
Putri, R. W. B., Setiana, H., & ... (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning di SMP Negeri 20 Semarang. … Seminar Nasional IPA, 157–164. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2299%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/download/2299/1782
Sari, N. P., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V dengan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Tabung Misteri. … Jurnal Karya Ilmiah …, 8(3), 704–712. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/696%0Ahttps://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/download/696/452
Septiana, L., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Afnizar, E., Pamong, G., Negeri, S. D., & Bertuah, R. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Implementasi Game Based Learning Siswa Kelas V Di SDN 06 Rantau Bertuah. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(6), 288–297. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i6.515