PENGEMBANGAN EXPLORATIVE E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Maythree Dewi Pradnyawati Student

DOI:

https://doi.org/10.59672/senama.v3.4080

Keywords:

E-Book, Media Eksploratif, Model ADDIE

Abstract

Penggunaan teknologi informasi yang belum optimal menyebabkan rendahnya minat siswa terhadap pelajaran matematika. Materi matematika yang penuh dengan rumus dan memiliki struktur pengerjaan yang ketat sering kali membuat siswa merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Pemahaman konsep matematika siswa yang masih rendah berdampak pada kemampuan mereka dalam menganalisis soal dan menemukan solusi yang tepat. Oleh karena itu, siswa memerlukan bahan ajar tambahan yang menarik dan memotivasi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis mereka. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE. Hasil uji validitas produk menunjukkan skor yang sangat baik. Uji kepraktisan produk, yang meliputi enam aspek yaitu daya tarik, kejelasan, ketepatan, stimulasi, efisiensi, dan kebaruan, menunjukkan hasil yang sangat praktis. Uji efektivitas produk juga memberikan hasil yang sangat baik dengan tingkat ketercapaian siswa mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dari uji coba lapangan, dapat disimpulkan bahwa e-book eksploratif yang dikembangkan dalam penelitian ini telah terbukti valid, praktis, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, K., Wicaksono, D., Handayanto, A., & Happy, N. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantu Media Powerpoint untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Program Linear. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6).

Branch, R. (2009). Instructional design : The ADDIE Approach. Springer US.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic

Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Diani, S. F., Maulidiya, D., & Susanta, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Vii a Smpn 6 Kota Bengkulu Setelah Memperoleh Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 362–373. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.362-373

Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., & Saraswati, I. D. A. P. D. (2022). Pengembangan E-Modul Logika Matematika Dengan Heyzine untuk Menunjang Pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 71–80. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16245

Fajriadi, D., Priyadi, R., & Rahayu, D. V. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran

Geogebra Book Materi Dimensi Tiga. Teorema : Teori Dan Riset Matematika,

(September), 453–466.

Hardi, V. A., & Rizal, M. S. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SD Berdasarkan Karateristik Pembelajar Muda pada Kelas Rendah. Jurnal Basicedu, 4(4),

–1407. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.605

Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020). Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire. Jurnal Komputer Terapan, 6(1), 69–78. https://doi.org/10.35143/jkt.v6i1.3582

Indonesia. (2003). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional.

Kantun, S., & Budiawati, Y. S. R. (2015). Analisis Tingkat Kelayakan Bahan Ajar Ekonomi Yang Digunakan Oleh Guru Di Sma Negeri 4 Jember. , JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 9, 131–132. Kemendikbud. (2005). Permendiknas Nomor 26 Tahun 2005 Tentang Penetapan Buku Teks

Pelajaran. 1–7.

Komara, Supratman, & Lestari, P. (2023). Pengembangan Digibook Transformasi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Mengoptimalkan Kemampuan Representasi Gambar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07(24), 1451–1468.

Kurniawati, I. (2012). DIGITALISASI BUKU SEKOLAH (Sebagai Solusi Alternatif

Permasalahan Pengadaan Buku Sekolah). Jurnal Teknodik, XVI(September), 364–376. Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar.

Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.

Makdis, N. (2020). Penggunaan E-Book Pada Era Digital. Al-Maktabah, 19, 77–84.

Manzil, E. F., Sukamti, & Thohir, M. A. (2022). Pengembanagn E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi SIklus Air Bagi Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar : Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112–126.

Masykur, R. (2019). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum.

Naufal, A. L. A., & Kurniasari, I. (2022). Pengembangan E-Book Matematika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. MATHEdunesa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 378–389.

Nesbit, J. C., & Li, J. (2004). Web-Based Tools for Learning Object Evaluation. Elearning,

(January 2004), 3–8. http://www.sfu.ca/~jzli/publications/Nesbit_Li_2004.pdf

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2018). Pengembangan bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan

Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 20, 41–

Nurhasanah, Si., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran (A. R.

Sophe (ed.)). EDU PUSTAKA.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran (1st ed.). Badan Penerbit UNM.

Palittin, I. datu, Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil

Belajar Siswa. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6, 101–109.

Prabowo, A., & Heriyanto. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh

Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/3123

Pramono, Z. H. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Cam Untuk Mata Pelajaran

Teknik Pemesinan Cnc Dan Cam Smk Negeri 1 Magelang. Molucca Medica, 11(April),

–45. http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed

Rahmadhani, E. (2023). Revitalisasi Pendidikan Matematika : Pengembangan E-Modul

Menggunakan Book Creator Pada Materi Bangun Datar. 1(02), 87–95.

Rosidhah, E. (2020). Pengembangan bahan ajar kewirausahaan berbasis ekonomi kreatif. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi FEB UNP Kediri (Issue September).

Saefullah, I. (2016). Langkah Cepat Menerbitkan Buku Digital Secara Mandiri.

Safrina, A. (2018). Analisis Prinsip-prinsip Pengembangan Bahan Ajar Guru Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. 24. http://repository.uin-suska.ac.id/14127/7/7. BAB II_2018970PIPS-E.pdf

Sardiman. (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. 43.

Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., & Rusliah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book

Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial. 05(01),

–802.

Silaban, S. D., & Pibriana, D. (2022). Penggunaan Model UEQ untuk Menganalisis Kualitas Pengalaman Pengguna Aplikasi Xaris di Gereja Methodist Indonesia. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 3(2), 229–242. https://doi.org/10.35957/jtsi.v3i2.3016

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Suharyono, E., & Rosnawati, R. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP

ditinjau dari Literasi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 451–

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.81

Published

2024-10-30

How to Cite

Maythree Dewi Pradnyawati. (2024). PENGEMBANGAN EXPLORATIVE E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Prosiding SENAMA PGRI, 3, 41-48. https://doi.org/10.59672/senama.v3.4080