ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DALAM ASESMEN KEMAMPUAN MINIMUM (AKM) - NUMERASI
DOI:
https://doi.org/10.59672/senama.v3.4072Keywords:
Kemampuan Numerasi, Assesmen, Berbasis MasalahAbstract
Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) mengevaluasi kompetensi dasar yang diperlukan bagi siswa untuk mencapai potensi penuh mereka dan berpartisipasi dalam kegiatan positif di masyarakat. AKM juga merupakan penilaian Asessmen Nasional, yang dirancang untuk mengevaluasi literasi membaca dan literasi matematika, juga dikenal sebagai numerasi. Penelitian ini mengukur keterampilan matematika siswa Kelas V dengan meminta siswa untuk menyelesaikan soal berbasis masalah dalam Asesmen Kemampuan Minimum (AKM) Numerasi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V di SD Negeri 5 Singakerta di kabupaten Gianyar, Bali dengan subjek penelitian 18 peserta didik. Observasi, tes, dan wawancara tidak terstruktur adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Hasil tes menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam menyelesaikan soal berbasis masalah pada Penilaian Kompetensi Minimum Numerasi (AKM), hal ini disebabkan oleh peserta didik belum menguasai indikator ketiga dari kemampuan numerasi matematika, yaitu kesulitan dalam memahami masalah matematika dan menyelesaikan masalah dalam berbagai konteks sehari-hari. Faktor-faktor internal, seperti tingkat intelektual, sikap, dan psikomotor siswa, dan faktor-faktor eksternal, seperti lingkungan belajar siswa, ketersediaan sarana dan prasarana yang tidak memadai, dan pengaruh teman sebaya, juga berkontribusi pada tingkat keterampilan perhitungan matematika siswa.
Downloads
References
PUSMENDIK. (2022, April 26). ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM.
Akmal, S., & Mulia, I. D. (2020). Investigating students’ interest on reading journal articles: Materials, reasons and strategies. Studies in English Language and Education, 7(1), 194–208. https://doi.org/10.24815/siele.v7i1.15358
Akmalia, N. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWASMP/MTs KELAS VIII DI KELURAHAN BELENDUNG. BS Thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Volume 4 Nomor 1 Maret 2020 ANALISIS RANCANGAN ASSESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1).
DIREKTORAT SEKOLAH DASAR. (2020, October 31). Inilah Jadwal dan Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517
Hasanah, U., & Januar, A. (2021). PENDAMPINGAN GURU MENGEMBANGKAN ASSESMENT KOMPETENSI MINIMUM (AKM) BERORIENTASI PISA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HASIL PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR WILAYAH KABUPATEN BOGOR (Vol. 5, Issue 01). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/abadimas
Katherina Estherika Anggraini, & Rini Setianingsih. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3).
Khoiriah, K. (2022). Assessment for Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skills untuk Menstimulus Kecakapan Literasi Numerasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 127–144. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.740
Khoirudin, A., Setyawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIS RENDAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBENTUK PISA (Vol. 8, Issue 2).
Niswah, 1nihlatun, Nugroho, A., & Fauziah, S. (2022). Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4 Semarang.
Noviantini, N. M. H. (2023). Pengembangan Instrumen asesmen Kompetensi Minimum untuk Mengukur Kemampuan Numerasi Siswa SMP Kelas VII. PhD Thesis.Universitas Pendidikan Ganesha.
Novita, N., Mellyzar, & Herizal. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan , 5(1), 174. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
Salvia, N. Z., Putri Sabrina, F., & Maula, I. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Weilin Han, M. Sc., Dicky Susanto, Ed. D., Sofie Dewayani, Ph. D., Putri Pandora, S. T., Putri Pandora, S. T., Nur Hanifah, M. Pd., Miftahussururi, S. Pd., Meyda Noorthertya Nento, B. SoC., & Qori Syahriana Akbari, S. Hum. (2017). MATERI PENDUKUNG LITERASI NUMERASI.
Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. 05(02), 1687–1699.
Zahrudin, mun, Ismail, S., Yuliati Zakiah, Q., Program Doktoral Pendidikan Islam, P., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). POLICY ANALYSIS OF IMPLEMENTATION OF MINIMUM COMPETENCY ASSESSMENT AS AN EFFORT TO IMPROVE READING LITERACY OF STUDENTS IN SCHOOLS. 12(1), 83–91. https://doi.org/10.31764
Zerlinda Rahmayanti, D. (2022). Pembudayaan Literasi Numerasi dalam Kegiatan Inti Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6.