STRATEGI PENGUATAN HUBUNGAN KAUSAL POSITIF ANTARA MOTIVASI INTRINSIK, MOTIVASI EKSTRINSIK, DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • I Made Dharma Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59672/senama.v3.4070

Keywords:

penguatan, hubungan, motivasi, intrinsik, ekstrinsik

Abstract

Penelitian ini mengkaji hubungan kausal positif antara motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, dan motivasi belajar matematika pada siswa. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya motivasi dalam pembelajaran matematika, yang seringkali dianggap menantang dan membutuhkan pemahaman konsep yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi efektif yang dapat memperkuat hubungan positif antara kedua jenis motivasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka kualitatif, yang melibatkan analisis data sekunder dari berbagai sumber literatur, seperti artikel jurnal dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik saling mempengaruhi dan memperkuat satu sama lain. Motivasi intrinsik, yang berasal dari minat dan kesenangan pribadi, meningkatkan keterlibatan siswa yang lebih dalam dan berkelanjutan. Motivasi ekstrinsik, yang berasal dari penghargaan, pengakuan, atau hasil belajar tertentu, dapat membantu memulai atau mempertahankan usaha yang diperlukan untuk berkembang dalam pembelajaran matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang efektif dalam memperkuat hubungan kausal positif antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik meliputi pengembangan aktivitas pembelajaran yang menyesuaikan dengan minat siswa, pemanfaatan pembelajaran berbasis teman sebaya untuk meningkatkan interaksi sosial yang berarti, pemberian umpan balik yang konstruktif untuk memotivasi usaha belajar , integrasi teknologi pembelajaran untuk memperkaya pengalaman belajar, dan penentuan tujuan pembelajaran yang realistis untuk mendorong pencapaian pribadi dan pengakuan. Pendekatan multidimensi ini mendorong pengembangan lingkungan belajar yang kondusif di mana siswa merasa termotivasi, termotivasi, dan dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adamma, O. N., Ekwutosim, O. P., & Unamba, E. C. (2018). Influence of extrinsic and intrinsic motivation on pupils academic performance in mathematics. Online Submission, 2(2), 52-59.

Anderson, R. K., Boaler, J., & Dieckmann, J. A. (2018). Achieving elusive teacher change through challenging myths about learning: A blended approach. Education Sciences, 8(3), 98.

Corpus, J. H., & Wormington, S. V. (2014). Profiles of intrinsic and extrinsic motivations in elementary school: A longitudinal analysis. The Journal of Experimental Education, 82(4), 480-501.

Damrongpanit, S. (2019). From modern teaching to mathematics achievement: The mediating role of mathematics attitude, achievement motivation, and self-efficacy. European Journal of Educational Research, 8(3), 713-727.

D’Lima, G. M., Winsler, A., & Kitsantas, A. (2014). Ethnic and gender differences in first-year college students’ goal orientation, self-efficacy, and extrinsic and intrinsic motivation. The Journal of Educational Research, 107(5), 341-356.

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in learning. Asian Journal of Education and social studies, 10(4), 16-37.

Grant, C., & Osanloo, A. (2014). Understanding, selecting, and integrating a theoretical framework in dissertation research: Creating the blueprint for your “house”. Administrative issues journal, 4(2), 4.

Hammoudi, M. M. (2020). Measurement of students’ mathematics motivation and self-concept at institutions of higher education: evidence of reliability and validity. International journal of mathematical education in science and technology, 51(1), 63-86.

Herges, R. M., Duffied, S., Martin, W., & Wageman, J. (2017). Motivation and achievement of middle school mathematics students. The Mathematics Educator, 26(1).

Lee, C., & Johnston-Wilder, S. (2017). The construct of mathematical resilience. In Understanding emotions in mathematical thinking and learning (pp. 269-291). Academic Press.

Papi, M., & Hiver, P. (2020). Language learning motivation as a complex dynamic system: A global perspective of truth, control, and value. The Modern Language Journal, 104(1), 209-232.

Rheinberg, F., & Engeser, S. (2018). Intrinsic motivation and flow. Motivation and action, 579-622.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary educational psychology, 61, 101860.

Sogunro, O. A. (2015). Motivating factors for adult learners in higher education. International Journal of Higher Education, 4(1), 22-37.

Tokan, M. K., & Imakulata, M. M. (2019). The effect of motivation and learning behaviour on student achievement. South African Journal of Education, 39(1).

Tracy, S. J. (2024). Qualitative research methods: Collecting evidence, crafting analysis, communicating impact. John Wiley & Sons.

Trenshaw, K. F., Revelo, R. A., Earl, K. A., & Herman, G. L. (2016). Using self-determination theory principles to promote engineering students’ intrinsic motivation to learn. International Journal of Engineering Education, 32(3), 1194-1207.

Published

2024-10-30

How to Cite

Atmaja, I. M. D. (2024). STRATEGI PENGUATAN HUBUNGAN KAUSAL POSITIF ANTARA MOTIVASI INTRINSIK, MOTIVASI EKSTRINSIK, DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA. Prosiding SENAMA PGRI, 3, 1-13. https://doi.org/10.59672/senama.v3.4070