MENGEKSPOLARASI DAMPAK PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA PGRI 4 DENPASAR TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Yohanes Daputra Selamat Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/senama.v3.3887

Keywords:

media geogebra, hasil belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA PGRI 4 Denpasar melalui penerapam media pemebalajaran Geogebra. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA2 dan MIPA3 SMA PGRI 4 Denpasar tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 70 siswa dengan karateristik dan kemampuan yang heterogen. pada pembelajaran berbantuan Geogebra dengan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel adalah multistage randem sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan tes hasil belajar siswa dengan pre-test dan post-test pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Materi yang digunakan adalah trigonometri. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) nilai  sebesar 10,22 dan  sebesar 1,99 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan saat penerapan media pembelajaran Geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA PGRI 4 Denpasar; dan (2) nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen meningkat sebesar 45,87% sedangkan pada kelompok kontrol, hanya meningkat sebesar 16,86%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan media pembelajran  Geogebra pada siswa kelas X SMA PGRI 4 Denpasar tahun pelajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bimantoro, R. A., Dewi, T. P., & Fadila, F. A. (2022). Pengaruh Tes Awal Bermodelkan Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Geogebra terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 4(Sandika IV), 547–552. www.geogebra.org

Chairani, Z. (2015). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.93

Husein, H. (2020). Media Pembelajaran Efektif - Google Books. In Fatawa Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Efektif/pBgJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=video+pembelajaran&pg=PA166&printsec=frontcover

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Nurhayati, N., Zuhra, F., & Salehha, O. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(2), 73–78. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp73-78

Sartika, S. B., Untari, R. S., Rezania, V., & Rochmah, L. I. (2022). Belajar Dan Pembelajaran. file:///C:/Users/Acer/Downloads/1315-Article Text-6388-1-10-20230712.pdf

Published

2024-10-30

How to Cite

Yohanes Daputra Selamat. (2024). MENGEKSPOLARASI DAMPAK PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA PGRI 4 DENPASAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Prosiding SENAMA PGRI, 3, 57-61. https://doi.org/10.59672/senama.v3.3887