BELAJAR MATEMATIKA SEBAGAI AKTIVITAS BERMAKNA

Authors

  • Ni Kadek Rini Purwati Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

interaksi sosial, mathematical thinking, pembelajaran bermakna

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menguraikan teori belajar matematika bermakna dari sudut pandang Vygotskian, dengan cara menerapkan prinsip-prinsip Vygotskian dalam domain pendidikan matematika. Teori belajar matematika bermakna dari sudut pandang Vygotskian menyatakan pembelajaran individu bergantung pada interaksi sosial yang merupakan salah satu faktor penting yang dapat memicu perkembangan kognitif seseorang. Kegiatan pembelajaran matematika di sekolah akan berjalan efektif dan bermakna bagi siswa jika proses pembelajarannya memperhatikan konteks siswa. Pembelajaran matematika yang bermakna dapat tercipta dengan memandang matematika sebagai suatu cara berpikir (mathematical thinking). Pembelajaran bermakna merupakan kegiatan mencari tahu dan memperbaiki struktur yang bermakna. Peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna merupakan hal yang penting, yakni untuk mengorganisasi situasi kelas dan pemilihan strategi pembelajaran yang dapat mengakomodasi proses interaksi dalam pemecahan masalah, serta membangkitkan semangat siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-09-19

How to Cite

Purwati, N. K. R. (2023). BELAJAR MATEMATIKA SEBAGAI AKTIVITAS BERMAKNA. Prosiding SENAMA PGRI, 2, 44-49. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/senama/article/view/3033