PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Febriani Arum Kezia Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Ketut Erawati Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Kadek Rini Purwati Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Abstract

Kebutuhan kompetensi siswa saat ini mengharuskan siswa dapat belajar berpikir kritis. Untuk itu diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memenuhi kompetensi tersebut, maka disusunlah penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan serta kualitas dari E-Modul bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis Problem Based Learning. Subjek Uji coba dari penelitian ini adalah para ahli, siswa, dan pendidik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah metode angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa hasil dari uji ahli materi e-modul terkualifikasi sangat valid. Hasil uji ahli media menyatakan bahwa e-modul berkualifikasi sangat valid. Untuk hasil respon siswa menunjukan bahwa e-modul berkualifikasi praktis. Untuk hasil respon pendidik menunjukan kualifikasi sangat praktis. Kemudian untuk hasil tes diperoleh kualifikasi efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media E-Modul bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis Problem Based Learning telah teruji kualitasnya dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-09-19

How to Cite

Febriani Arum Kezia, Ni Ketut Erawati, & Ni Kadek Rini Purwati. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING. Prosiding SENAMA PGRI, 2, 28-35. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/senama/article/view/3029