PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENGATASI LEARNING LOSS PADA PELAJARAAN MATEMATIKA
Keywords:
e-modul, kreativitas, learning loss, STEMAbstract
Kehadiran berbagai fenomena, perubahan kurikulum, metode ajar, dan hal-hal lainnya dapat menyebabkan ketidakstabilan dalam dunia pendidikan. Pada akhirnya, dinamika yang tidak stabil tersebut menyebabkan terjadinya learning loss sehingga perlu carikan solusinya untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis STEM yang berkualitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri atas fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase tes, evaluasi, revisi, dan fase implementasi. Subjek penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022. Kevalidan materi e-modul dinilai oleh ahli materi dan ahli media menggunakan lembar evaluasi dan diuji dengan tabulasi silang Gregory. Hasil evaluasi yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul memenuhi syarat validitas. Hasil uji kepraktisan menunjukkan skor rata-rata nilai kepraktisan oleh siswa sebesar 0,84, dan skor rata-rata nilai kepraktisan oleh guru sebesar 0,85 lebih dari 0,76 berada pada kriteria sangat baik. Keefektifan e-modul dievaluasi dengan memberikan tes hasil belajar matematika siswa dan dianalisis berdasarkan nilai ketuntasan klasikal dan e-modul dinyatakan sudah efektif. Simpulan yang diperoleh e-modul berbasis STEM yang dikembangkan sudah memenuhi unsur validitas, kepraktisan, dan keefektifan serta dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi program linier.