ANALISIS JENIS KESALAHAN SISWA SMP N 1 MENGWI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HOTS
Abstract
Penelitian analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS (Higher Order Thinking Skill) ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang dilakukan di SMP N 1 Mengwi dengan subjek penelitian yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas IX C, IX E, dan IX H. Pada penelitian ini, data didapatkan dari tes kemampuan siswa dimana instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 5 butir soal guna memeroleh data mengenai jenis kesalahan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 soal yang diberikan, jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa menurut klasifikasi Newman di kelas IX SMP N 1 Mengwi dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS, antara lain: kesalahan membaca (Reading Error) dilakukan sebanyak 8 kali (1,7%), kesalahan memahami masalah (Comprehension Error) dilakukan sebanyak 35 kali (7,45%), kesalahan mentransformasi (Transformation Error) dilakukan sebanyak 42 kali (8,94%), kesalahan keterampilan proses (Process Skills Error) dilakukan sebanyak 109 kali (23,2%), dan kesalahan penulisan jawaban (Encoding Error) dilakukan sebanyak 4 kali (0,85%).