HUTAN SEKOLAH SEBAGAI KONSERVASI KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN SUMBER BELAJAR DI SMP NEGERI 13 DENPASAR-BALI
DOI:
https://doi.org/10.59672/sembio.v3.4590Keywords:
hutan sekolah, konservasi, keanekaragaman hayati, sumber belajarAbstract
Hutan sekolah di perkotaan memiliki keberadaan yang cukup penting mengingat ruang untuk taman kota sangat sedikit ditemukan. Keberadaan tumbuhan yang beranekaragam pada lahan sekolah memberi kehijauan, kenyamanan untuk belajar, konservasi, tempat hidupnya keanekaragaman sumber daya hayati bahkan dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Pembelajaran tidak hanya diberikan di dalam kelas namun pembelajaran di luar kelas, seperti di hutan sekolah atau taman sekolah memberi daya tarik dan menumbuhkan semangat belajar dengan melibatkan semua indra untuk menumbuhkan rasa ingi tahu melalui observasi. Tujuan dari tulisan ini adalah memanfaatkan hutan sekolah sebagai konservasi keanekaragaman hayati dan sumber belajar di SMP Negeri 13 Denpasar. Lahan sekolah yang cukup luas dengan bangunan gedung sekolah yang dalam penataan masih menyisakan lahan kosong cukup luas. Lahan yang luas ini memerlukan penataan berupa penanaman tanaman lokal maupun tanaman hias dan pohon buah yang dapat dimanfaatkan sebagai peneduh, sumber belajar, dan penelitian serta penghasil oksigen.
Downloads
References
Bloom, Benyamin S., Max D., Englehart, Edward J., Furst, Walker H.Hill & David R. Krathwohll. (2001). Taxonomy of Educational Objective HANDBOOK i: Cognitive Domain. New York: Addison Wesley Longman Inc.
Dawis, A.M., Pranajaya, S.A., Fiyul, A.Y., Nurbayani, Zuriah, N., Rukmana, A.Y.,Mailuhuw, L.F., Kurniawati, L., Suanda, I.W., & Annisa. (2023). Model Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi.
Indriyanto. (2006). Ekologi Hutan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Muliana, G.H., Indah, N.K., Hariri, M.R., Suanda, I.W., Darmayasa, I.B.G., Setiawan, A.B., Sari, D.R.T., Ulimaz, A., Herlambang, H.A., Fahdi, F., Safrida, Bachtiar, T., Dharmadewi, A.A.I.M., Muslichah, S., Anurogo, D., & Erlyn, P. (2023). Rempah dan Herbal di Pekarangan Rumah. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi (GET) Press.
Sitanggang, N.D., & Yulistina. (2015). Penggunaan Hasil Belajar Ekosistem melalui Penggunaan Laboratorium Alam. Jurnal Formatif, 5(2): 156-167.
Suanda, I.W., Rai, I.G.A., Rusmayanthi, K.I., & Widnyana, I.K. (2024a). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Pupuk Organik Berbasis Mikroorganisme sebagai Implementasi Pembelajaran IPA (Biologi) di SMP Negeri 11 Denpasar. Jurnal PkM Widya Mahadi, 5(1): 158-168.
Suanda, I.W., Subrata, I.M., & Rusmayanthi, K.I. (2024b). Etnopedagogik sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 13(2): 87-95.
Suanda, I.W., Dharmadewi, A.A.I.M., & Rusmayanthi, K.I. (2024c). Kajian Etnobotani Sirih Hijau (Piper betle L.) sebagai Kearifan Lokal Bali. Jurnal Widya Biologi, 5(1): 10-24.
Suanda, I.W., Rusmayanthi, K.I., Sumada, I.M., & Alit, D.M. (2024d). Sosialisasi Pengelolaan Sampah Organik Berbasis Sumber dengan Pembuatan “Tebe Modern” pada Peserta Didik SMP Dharma Praja Badung. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat AKSES, 16(02):1-10.
Suanda, I.W. (2025). Diktat Belajar dan Pembelajaran. Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Denpasar.
Suariani, N. (2017). Pendekatan Joyful Learning sebagai Metode Pembelajaran Pendidikan Kependudukan & Lingkungan Hidup (PKLH) di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ekspose; 16(2): 376-388.
Syafutra, R., Ngazizah, F.N., Dewi, M., Tsuraya, F., Suanda, I.W., Irwanto, R., Wanto, W.A., Tuju, F., Hasanah, R., Dalimunthe, N.P., Putera, A.K.S., & Wulandari, M. (2024) Zoologi Integratif.
Ulimaz, A., Ayatusa’asah, Kartini, Yunus, R., Suanda, I.W., Lestari, N.C., & Agustina D.K. 2022. Biologi Dasar untuk Perguruan Tinggi. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi (GET) Press.
Wahyuni, R.P., Indah, N.K., Dharmadewi, A.A.I.M., Hamida, F., Anggraini, A., Sari, H., Hariri, M.R., Safrida, Ratnadi, N.W., Yusuf, Y., Ulimaz, A., & Suanda, I.W. (2024). Biologi SMA Tenth Grade (Teori, Praktikum/Portopolio, Evaluasi). Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi (GET) Press.
Widana. I.W., Sumandya, I.W., Suanda,I.W., Ariati,P.E.P., Wijaya, I.M., & Budiasa, I.M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat dalam Beternak Lebah Madu Trigona sp. dan Pupuk Organik Berbasis Mikroorganisme untuk Menekan Perusakan Hutan di Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana-Bali. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(4): 4353-4361.
Wulan, R., Hutauruk, D.S., Pauzi, R.Y., Indrawati, A., Pratiwi, R.H., Suanda, I.W., Fahdi, F., Aribah, D., Vertygo, S., Hansur, L., & Putri, R.E. 2024. Mikroorganism bagi Kehidupan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi (GET) Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 SEMBIO: Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Sewagti agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access) .