HUTAN SEKOLAH SEBAGAI KONSERVASI KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN SUMBER BELAJAR DI SMP NEGERI 13 DENPASAR-BALI

Authors

  • I Wayan Suanda Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Ratnadi SMP Negeri 11 Denpasar
  • Ni Made Sukasih Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Nurul Ekawati SMP Negeri 13 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59672/sembio.v3.4590

Keywords:

hutan sekolah, konservasi, keanekaragaman hayati, sumber belajar

Abstract

Hutan sekolah di perkotaan memiliki keberadaan yang cukup penting mengingat ruang untuk taman kota sangat sedikit ditemukan. Keberadaan tumbuhan yang beranekaragam pada lahan sekolah memberi kehijauan, kenyamanan untuk belajar, konservasi, tempat hidupnya keanekaragaman sumber daya hayati bahkan dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Pembelajaran tidak hanya diberikan di dalam kelas namun pembelajaran di luar kelas, seperti di hutan sekolah atau taman sekolah memberi daya tarik dan menumbuhkan semangat belajar dengan melibatkan semua indra untuk menumbuhkan rasa ingi tahu melalui observasi. Tujuan dari tulisan ini adalah memanfaatkan hutan sekolah sebagai konservasi keanekaragaman hayati dan sumber belajar di SMP Negeri 13 Denpasar. Lahan sekolah yang cukup luas dengan bangunan gedung sekolah yang dalam penataan masih menyisakan lahan kosong cukup luas. Lahan yang luas ini memerlukan penataan berupa penanaman tanaman lokal maupun tanaman hias dan pohon buah yang dapat dimanfaatkan sebagai peneduh, sumber belajar, dan penelitian serta penghasil oksigen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bloom, Benyamin S., Max D., Englehart, Edward J., Furst, Walker H.Hill & David R. Krathwohll. (2001). Taxonomy of Educational Objective HANDBOOK i: Cognitive Domain. New York: Addison Wesley Longman Inc.

Dawis, A.M., Pranajaya, S.A., Fiyul, A.Y., Nurbayani, Zuriah, N., Rukmana, A.Y.,Mailuhuw, L.F., Kurniawati, L., Suanda, I.W., & Annisa. (2023). Model Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi.

Indriyanto. (2006). Ekologi Hutan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Muliana, G.H., Indah, N.K., Hariri, M.R., Suanda, I.W., Darmayasa, I.B.G., Setiawan, A.B., Sari, D.R.T., Ulimaz, A., Herlambang, H.A., Fahdi, F., Safrida, Bachtiar, T., Dharmadewi, A.A.I.M., Muslichah, S., Anurogo, D., & Erlyn, P. (2023). Rempah dan Herbal di Pekarangan Rumah. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi (GET) Press.

Sitanggang, N.D., & Yulistina. (2015). Penggunaan Hasil Belajar Ekosistem melalui Penggunaan Laboratorium Alam. Jurnal Formatif, 5(2): 156-167.

Suanda, I.W., Rai, I.G.A., Rusmayanthi, K.I., & Widnyana, I.K. (2024a). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Pupuk Organik Berbasis Mikroorganisme sebagai Implementasi Pembelajaran IPA (Biologi) di SMP Negeri 11 Denpasar. Jurnal PkM Widya Mahadi, 5(1): 158-168.

Suanda, I.W., Subrata, I.M., & Rusmayanthi, K.I. (2024b). Etnopedagogik sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 13(2): 87-95.

Suanda, I.W., Dharmadewi, A.A.I.M., & Rusmayanthi, K.I. (2024c). Kajian Etnobotani Sirih Hijau (Piper betle L.) sebagai Kearifan Lokal Bali. Jurnal Widya Biologi, 5(1): 10-24.

Suanda, I.W., Rusmayanthi, K.I., Sumada, I.M., & Alit, D.M. (2024d). Sosialisasi Pengelolaan Sampah Organik Berbasis Sumber dengan Pembuatan “Tebe Modern” pada Peserta Didik SMP Dharma Praja Badung. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat AKSES, 16(02):1-10.

Suanda, I.W. (2025). Diktat Belajar dan Pembelajaran. Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Denpasar.

Suariani, N. (2017). Pendekatan Joyful Learning sebagai Metode Pembelajaran Pendidikan Kependudukan & Lingkungan Hidup (PKLH) di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ekspose; 16(2): 376-388.

Syafutra, R., Ngazizah, F.N., Dewi, M., Tsuraya, F., Suanda, I.W., Irwanto, R., Wanto, W.A., Tuju, F., Hasanah, R., Dalimunthe, N.P., Putera, A.K.S., & Wulandari, M. (2024) Zoologi Integratif.

Ulimaz, A., Ayatusa’asah, Kartini, Yunus, R., Suanda, I.W., Lestari, N.C., & Agustina D.K. 2022. Biologi Dasar untuk Perguruan Tinggi. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi (GET) Press.

Wahyuni, R.P., Indah, N.K., Dharmadewi, A.A.I.M., Hamida, F., Anggraini, A., Sari, H., Hariri, M.R., Safrida, Ratnadi, N.W., Yusuf, Y., Ulimaz, A., & Suanda, I.W. (2024). Biologi SMA Tenth Grade (Teori, Praktikum/Portopolio, Evaluasi). Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi (GET) Press.

Widana. I.W., Sumandya, I.W., Suanda,I.W., Ariati,P.E.P., Wijaya, I.M., & Budiasa, I.M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat dalam Beternak Lebah Madu Trigona sp. dan Pupuk Organik Berbasis Mikroorganisme untuk Menekan Perusakan Hutan di Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana-Bali. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(4): 4353-4361.

Wulan, R., Hutauruk, D.S., Pauzi, R.Y., Indrawati, A., Pratiwi, R.H., Suanda, I.W., Fahdi, F., Aribah, D., Vertygo, S., Hansur, L., & Putri, R.E. 2024. Mikroorganism bagi Kehidupan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi (GET) Press.

Published

2025-01-20

How to Cite

I Wayan Suanda, I Wayan Ratnadi, Ni Made Sukasih, & Nurul Ekawati. (2025). HUTAN SEKOLAH SEBAGAI KONSERVASI KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN SUMBER BELAJAR DI SMP NEGERI 13 DENPASAR-BALI. SEMBIO: Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3, 30-38. https://doi.org/10.59672/sembio.v3.4590