APLIKASI PENILAIAN KINERJA MARKETING MENGGUNAKAN PENDEKATAN KEY PERFORMANCE INDIKATOR

Abstract

CV.Alam Raya Bali merupakan perusahaan pengolahan air limbah yang menawarkan jasa konsultasi hingga pengerjaan konstruksi. Saat ini perusahaan masih menerapkan proses monitoring seperti pelaporan jumlah calon klien yang dihubungi, pertemuan dengan calon klien, penawaran yang berhasil kontrak, dan penjualan melalui media WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi monitoring kinerja marketing pada CV. Alam Raya Bali berbasis web dalam upaya membantu mengatasi permasalahan pada proses monitoring kinerja marketing. Pada proses perancangan sistem menggunakan pendekatan terstruktur dan pengembangan sistem menggunakan metode waterfall dengan tujuan sistem yang dibangun dapat memproses realisasi marketing terhadap KPI yang telah ditentukan perusahaan dan menjalankan perhitungan untuk mendapatkan nilai rata- rata kinerja dari setiap marketing. Pada proses implementasi sistem juga dilakukan pengujian sistem dengan teknik pengujian usability. Pengujian usability memiliki lima indikator yaitu learnability, memorability, efficiency, errors, dan satisfaction. Kelima indikator disajikan dalam bentuk pernyataan kuesioner dan disebarkan dengan google form kepada 3 orang responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Sistem yang telah dibangun mendapat nilai tertinggi pada indikator satisfaction sebesar 4,54 yang berarti pengguna merasa nyaman menggunakan sistem tersebut dan sistem tersebut sesuai dengan ekspektasi. Sedangkan untuk nilai terendah dari kelima indikator adalah indikator errors dengan nilai sebesar 3,89 yang berarti bahwa pada yang telah dibuat masih ditemukan beberapa kesalahan atau error. Maka dapat disimpulkan bahwa sistem ini dinyatakan cukup baik terhadap kepuasan pengguna

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-25

Issue

Section

Articles