PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS TRI HITA KARANA DALAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DAN KREATIVITAS SISWA SDN DAWAN KALER KLUNGKUNG BALI

Authors

  • Ni Luh Putu Cahayani Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Putu Diah Asrida Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Abstract

Budaya literasi yang tertanam pada generasi muda mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam jenjang pendidikan maupun dalam bermasyarakat Oleh karena hal tersebut guru harus kreatif dalam penerapan model pembelajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik yang didalamnya terdapat pengembangan literasi agar peserta didik menjadi pembelajar yang cerdas dan berkarakter.Terlebih selepas dua tahun diterjang pandemic Covid-19 dimana pembelajaran dilaksanakan secara daring yang menyebabkan banyak siswa terutama disekolah dasar mengalami learning loss. Melihat hal tersebut upaya dilakukan adalah dengan mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas literasi dan keterlibatan siswa secara efektif. Dalam pelaksanaan proses pelaksanaan pendidikan di Bali didasarkan pada budaya yang ada pada masyarakat Bali yaitu Tri Hita Karana. Implementasi konsep Tri Hita Karana dapat memberikan suatu pengaruh terhadap hasil belajar, karena salah satu konsep Tri Hita Karana yakni menjaga keharmonisan terhadap sesama teman dan taat pada perintah agama dan guru akan dapat memberikan suatu hasil yang lebih baik dalam upaya mencapai aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek apektif. Dalam kenyataan dilapangan pada SDN Dawan Kaler diketahui tingkat literasinya menunjukkan motivasi literasi rendah dimana mereka dapat menggunakan gadget dengan baik tetapi kurang dalam memahami instruksi kegiatan literasi. Data dalam penelitian dianalisis melalui tekhnik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sebagai bentuk validasi akademik, konstruk, konten dan validitas model pembelajaran literasi berbasis tri hita karana telah dinilai oleh ahli dan praktisi yang kompeten dan serangkaian evaluasi lapangan. Uji keberterimaan model/ implementasi model pembelajaran literasi berbasis tri hita karana dikembangkan dilakukan pada skala terbatas dan skala lebih luas dengan menggunakan experiment designs dengan Pre-test post-test control design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas 2 SDN Dawan Kaler. Hasil implementasi model pembelajaran literasi berbasis Tri Hita Karana dalam kegiatan pembelajaran diperoleh data bahwa model efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan kreativitas peserta didik di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-25

Issue

Section

Articles