PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN HOTS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP PGRI 3 DENPASAR
Abstract
Tujuan penelitian adalah (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning bermuatan HOTS dan (2) untuk mengetahui kualitas media pembelajaran LKPD interaktif berbasis PBL bermuatan HOTS pada mata pelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yaitu berupa (1) rancang bangun media pembelajaran LKPD inetraktif berbasis PBL bermuatan HOTS dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, (2) kevalidan media pembelajaran LKPD interaktf berbasis PBL bermuatan HOTS menurut 2 ahli LKPD yang dihasilkan berada pada kategori valid, dengan skor yaitu hasil review ahli desain dan media pembelajaran memperoleh persentase (91%) dan persentase ahli isi materi yaitu (93%). Kepraktisan menurut respon guru memperoleh persentase (78%) berkualifikasi praktis, respon siswa kelompok memperoleh persentase (87%) bekualifikasi sangat praktis, respon siswa perorangan memperoleh persentase (87%) berkualifikasi sangat praktis. Keefektifan menurut hasil post test siswa kelompok memperoleh persentase (90%) berkualifikasi sangat efektif dan post test siswa perorangan memperoleh persentase (80%) berkualifikasi efektif. Berdasarkan keseluruhan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa LKPD interaktif berbasis PBL bermuatan HOTS pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 3 DENPASAR layak digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa, karena telah memenuhi kriteria kualitas yang diharapkan yaitu valid, praktis dan efektif.