PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMBANGKAN PUH JERUM OLEH SISWA KELAS XI 01 SMK PGRI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Rendahnya motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran sastra khususnya menembang puh jerum karena proses belajar mengajar masih menggunakan system konvensional yaitu ceramah yang berpusat pada guru. Hal ini mengindikasikan metode yang diterapkan guru kurang bervariatif, untuk itu peneliti memberikan solusi dengan menerapkan metode pengajaran kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam hal menembangkan puh jerum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kelompok dapat meningkatkan kemampuan menembangkan puh jerum dan respon siswa kelas XI 01 SMK PGRI 1 Denpasar. Berdasarkan hasil analisis data prestasi belajar siswa, secara umum nilai rata-rata hasil analisis data mencapai angka 63,24 pada pra siklus, meningkat menjadi 73,60 pada siklus I, dan meningkat menjadi 83,54 pada siklus II. Selain itu juga dapat dilihat dari ketuntasan klasikal 15,15% pada pra siklus, meningkat menjadi 42,42% pada siklus I, dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.