INTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Profil Pelajar Pancasila (2) Integrasinya Profil Pelajar Pancasila Pada mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil Pelajar Pancasila meliputi: Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Berkebinekaan global, Bergotong Royong, Mandiri,Bernalar Kritis,dan Kreatif, (2) Integrasi Profi Pelajar Pancasila pada mata Pelajaran Sejarah kelas XI SMA bisa dianalisis pada setiap materi pelejaran kelas XI dan di terintegrasi pada profil Pelajaran Pancasila. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Integrasi Profil Pelajar Pancasila pada materi mata Pelajaran Sejarah kelas XI dapat diambil dari setiap meterinya seperti: Kolonialisme dan Perlawanan Bangsa Indonesia, Pergerakan Kebangsaaan Indonesia, Di Bawah Tirani Jepang, Proklamasi Kemerdekaan.