IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR RENANG PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Anak Agung Bagus Brahmantya Putra Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Gede Agus Adi Saputra Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Abstract

Melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan gerak dasar renang pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Abiansemal tahun ajaran 2022-2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama tiga siklus. Penelitian ini difokuskan pada 30 siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Abiansemal. Penilaian observasi terhadap hasil belajar siklus digunakan sebagai metode pengumpulan data. Berdasarkan rekapitulasi siklus I dan siklus II setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT), hasil belajar keterampilan gerak dasar renang pada siklus I sebesar 93,76% dengan menggunakan teknik gerak dasar renang yaitu teknik meniup dan pada siklus II sebesar 96,88% dengan menggunakan teknik mengapung dan meluncur, sesuai dengan kriteria ketuntasan hasil belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal juga ditunjukkan sebesar 83,12% pada siklus I. Kesimpulan: Keterampilan renang esensial yaitu meniup, mengapung, meluncur, dan melayang diajarkan melalui penerapan paradigma pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-25

Issue

Section

Articles