PEMBERIAN REINFORCEMENT DALAM PEMBELAJARAN DAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK

Authors

  • I Putu Karpika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Luh Putu Swandewi Antari Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum dikajinya secara ilmiah mengenai pemberian reinforcement di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberian reinforcement yang diberikan dalam perkembangan moral anak usia dini pada pendidikan prasekolah. Datanya diperoleh melalui wawancara bebas, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui kepala sekolah, guru kelas yang berfungsi sebagai informan dan 2 orang anak yang berfungsi sebagai responden. Semua data dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan logika induksi. Hasil penelitian yang ditemukan antara lain : Dalam pembelajaran aspek perkembangan moral tersebut, ada beberapa pemberian penguatan (reinforcement) yang dilakukan oleh pendidik/ guru di TK Titi Dharma lain yaitu: penggunaan positive reinforcement dan Penggunaan negative reinforcement. Pembelajaran aspek perkembangan moral di TK Titi Dharma di lakukan melalui seluruh kegiatan yang ada di TK Titi Dharma, antara lain melalui: pembiasaan, menyanyikan lagu, meneriakkan yel-yel pesan moral, cerita, dan lain sebagainya. Dampak yang terjadi setelah diberikan reinforcement pada anak adalah: pada penguatan positif antara lain: anak menjadi senang, bergairah mengikuti pelajaran. Sedangkan pada penguatan negatif antara lain: tidak mengulangi perbuatan yang kurang baik. Pemberian reinforcement dapat meningkatkan perkembangan moral anak usia dini karena setelah diberikan reinforcement anak yang memiliki perkembangan moral yang baik semakin meningkat perkembangan moralnya sedangkan anak yang memiliki perkembangan moral yang kurang sedikit demi sedikit mengalami perkembangan yang positif dari waktu ke waktu setelah diberikan reinforcement negatif secara terus menerus.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-25

Issue

Section

Articles