EFEKTIFITAS PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH ANATOMI DAN FISIOLOGI MANUSIA, DI ERA PANDEMI COVID 19 DAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Authors

  • I Nengah Suka Widana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Subrata Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Luh Gde Widiantari Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Abstract

Kebutuhan akan layanan belajar pada mahasiswa saat pandemic covid 19 dan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Mereka (MBKM), memunculkan tantangan pada Institusi penyelenggara Pendidikan Tinggi. Penelitian dilakukan pada tingkat penyelengaraan mata kuliah di kelas dengan menerapkan metode blended learning pada mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan blended learning pada mata kuliah Anatomi dan Fisologi Manusia, di era pandemic covid 19 dan MBKM. Populasi penelitian berupa mahasiswa yang mengambil MK Anfisman, dengan menerapkan teknik sampling berupa total sampling. Sampel penelitian sebanyak 23 mahasiswa yang terdiri atas  18 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi  semester VI dan 5 mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, semester II. Hal tersebut sebagai implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam bentuk pengambilan SKS di program studi lain di Perguruan Tinggi sama. Penerapan blended learning  berupa  flipped classroom, yaitu mahasiswa  berganti posisi antara kegiatan di kelas dengan kegiatan di rumah, dan mereka belajar secara online dari rumah atau dari tempat lainnya. Urgensi penelitian adalah untuk dapat menganalisis dan mengetahui efektifitas penyelenggaraan blended learning pada situasi wabah pandemic covid 19 atau situasi serupa lain dalam implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.  Hasil penelitian didasarkan tiga (3) capaian yaitu kesatu berupa respon dan harapan mahasiswa terhadap penerapan blended learning, dengan capaian rata-rata 16,28 (kategori tinggi). Kedua berupa aktivitas belajar pada LMS, rata-rata capaiannya sebesar 2,15 (kategori sedang). Ketiga berupa hasil belajar, rata-rata capaian 80,96 (kategori sangat baik). Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan blended learning pada situasi pandemic Covid 19, dan MBKM adalah sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-25

Issue

Section

Articles