IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH ANALISIS KOMPLEKS

Authors

  • I Made Surat Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Komang Sukendra Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Dewa Putu Juwana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Abstract

Mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam perkuliahan Analisis kompleks, sehingga perlu adanya inovasi pembelajaran salah satunya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon mahasiswa dan deskripsi metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mahasiswa pada maha kuliah Analisis kompleks. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester VIII Prodi Pendidikan Matematika Universtas PGRI Mahadewa Indonesia tahun akademik 2022/2023. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahap yakni: perencanaan, tindakan, pengamataan, dan refleksi. Hasil Tindakan dipeloleh data hasil belajar pada pra-siklus dengan nilai rata-rata 67,62 dengan ketuntasan klasikal 52,38%. Pada sisklu I nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa rata-rata 71,90 dengan ketuntasan klasikal 76,19% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar sebesar 77,62 dengan ketuntasan klasikal 90,5%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa implementasi penerapan metode pembelajaran kooperaif tipe jigsaw dalam perkuliahan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan Ada respon positif dari mahasiswa melalui implementasi metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keaktifan dan hasil belajar mahasiswa semester VIII Prodi Pendidikan Matematika tahun akademik 2022/2023 pada mata kuliah analisis kompleks.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-25

Issue

Section

Articles