PRAXIS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN KREATIVITAS UNIVERSITAS PGRI MAHADEWA INDONESIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh media pembelajaran dengan berbantuan video pembelajaran, terhadap Motivasi belajar Mahasiswa dan kemampuan Kreativitas pada mata kuliah Pendidikan Karakter dalam materi Karakter Abad ke 21. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif mengunakan metode quasi eksperimen, dengan pola “Single Factor Independent Group Design”. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas PGRI Mahadewa Indonesia yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah populasi 204 mahasiswa tahun akademik 2022.1. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik random sampling, setelah dirandom didapat 2 kelas, satu kelas untuk dijadikan kelas ekperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah motivasi belajar mahasiswa dan kemampuan kreativitas mahasiswa dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA (Multivariat Analysis of Variance) berbantuan SPSS 25.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Motivasi belajar mahasiswa yang mengikuti media pembelajaran dengan berbantuan video pembelajaran  lebih baik daripada mahasiswa yang mengikuti media pembelajaran tanpa berbantuan video pembelajaran (Sig < 0,05). Kedua, Kemampuan Kreativitas mahasiswa yang mengikuti madia pembelajaran dengan berbantuan video pembelajaran  lebih baik daripada mahasiswa yang mengikuti media pembelajaran tanpa berbantuan video pembelajaran (sig < 0,05). Ketiga, Secara simultan motivasi dan kemampuan kreativitas mahasiswa yang mengikuti media pembelajaran dengan berbantuan video pembelajaran  lebih baik daripada mahasiswa yang mengikuti media pembelajaran tanpa berbantuan video pembelajaran (F < 0,05). Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan berbantuan Video pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi dan kemampuan kreativitas mahasiswa yang menempuh pendidikan karakter pada materi karakter abad ke-21. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa media pembelajaran dengan berbantuan video pembelajaran lebih baik digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar  dan kemampuan kreativitas dari pada media pembelajaran tanpa berbantuan video pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-25

Issue

Section

Articles