PENDAMPINGAN UMKM “CAMILAN AGAS PANJI” DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS USAHA

Authors

  • Luh Kartika Ningsih STIE Satya Dharma Singaraja
  • A.A.N. Eddy Supriyadinata Gorda STIE Satya Dharma Singaraja
  • Putu Agus Ariana STIE Satya Dharma Singaraja
  • Kadek Angga Januarta Yasa STIE Satya Dharma Singaraja

Abstract

Di masa ini, mulai berkembang kesadaran masyarakat untuk tetap bisa produktif dan terus bergerak. Memanfaatkan peluang usaha dan mengetahui apa yang diminati oleh pasar, menjadi bekal utama untuk mulai mengembangkan sebuah usaha baru. Perkembangannya pun menjadi sangat mudah dilakukan pada era digitalisasi saat ini. Namun pada kenyataanya masih banyak pelaku UMKM yang belum paham bagaimana cara memanfaatkan dan mengoperasikan sosial media untuk memasarkan usahanya. Tidak hanya itu, keterbatasan pengetahuan tentang hal-hal yang dapat mendukung kemajuan usaha juga masih banyak yang belum diketahui. Pentingnya pendampingan untuk bisa membantu mengembangkan usaha khsuusnya para pelaku UMKM menjadi salah satu langkah awal untuk kemajuan usaha. Desa Panji merupakan salah satu dewa wisata di Kecamatan Buleleng yang saat ini menjadi tujuan destinasi wisata domestik dan internasional. Kondisi ini yang mendorong semakin banyaknya pelaku UMKM menciptakan produk yang digunakan untuk bingkisan atau oleh-oleh khas Desa Panji. Adapun beberapa tujuan dilakukan PKM ini adalah: 1). Meningkatkan kegiatan pemasaran produk UMKM Camilan Agas Panji melalui beberapa media digital (sosial media) dan non digital (pameran UMKM); 2). Meningkatkan nilai tambah dan nilai jual produk dengan memperhatikan desain kemasan agar lebih menjual; 3). Memberikan pemahaman tentang beberapa hal demi kemajuan UMKM Camilan Agas Panji seperti pengurusan administrasi usaha. Metode pelaksanaan PKM ini terdiri dari empat tahap, yaitu sosialisasi, pelatihan dan praktik pemasaran digital melalui sosial media (facebook, NPWP dan google map), evaluasi dan monitoring. Hasil dari kegiatan PKM ini memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM, diantaranya: mulai memahami cara dan kiat-kiat khusus untuk memasarkan produk yang dijual, mampu menciptakan desain kemasan yang menarik melalui aplikasi tertentu, sudah memiliki akun sosial media untuk digunakan sebagai wadah promosi digital, lokasi usaha UMKM sudah terdapat titik GPSnya pada google map, membantu pelaku UMKM membuat papan nama usaha sebagai upaya pengenalan merk dagang yang dijual.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-25

Issue

Section

Articles