PELATIHAN TEKNIS PENGGUNAAN APLIKASI MONITORING KINERJA MARKETING DI CV. ALAM RAYA BALI

Authors

  • Ni Kadek Ariasih Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Ketut Jaya Atmaja Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • I Putu Eka Giri Gunawan Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia

Abstract

CV Alam Raya Bali merupakan perusahaan jasa konsultasi, perancangan dan pengerjaan konstruksi, hingga pelatihan perawatan fasilitas pengolahan air limbah. Dalam pemasarannya dibantu oleh divisi marketing memiliki ruang lingkup kerja mulai dari menghubungi klien atau calon klien, melakukan pertemuan atau survey dengan klien, mengajukan penawaran pembangunan, pemeliharaan, maupun pengadaan barang kepada klien, dan menjual produk retail. Selain itu marketing juga bertugas memberikan update progres dari proyek yang ditangani baik kepada perusahan maupun klien. Saat ini sudah terdapat sistem monitoring dalam bentuk aplikasi yang telah diimplementasikan yaitu Aplikasi Monitoring Kinerja Marketing Berbasis Website dibuat oleh tim peneliti dari INSTIKI dimana hanya sampai sebatas implementasi dan pengujian fungsional. Tentunya diperlukan suatu pelatihan teknis sebagai langkah selanjutnya dengan tujuan agar pimpinan serta hampir semua karyawan team marketing dapat mengoperasikan aplikasi monitoring kinerja marketing dengan optimal yang dikemas dalam program Pengabdian INSTIKI Community Services (ICS). Pelatihan ini dilakukan oleh tim dengan mengadakan pelatihan secara langsung ke pimpinan dan team marketing. Setelah dilakukan bimbingan teknis, didapatkan hasil kuesioner yang menyatakan bahwa aplikasi Monitoring Kinerja Marketing mudah digunakan dimana 75% karyawan menyatakan sangat mudah dan 75% menyatakan siap utk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-25

Issue

Section

Articles