PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN APLIKASI GEOMATH ROOM DALAM MEDIA PEMPELAJARAN BERBASIS STEM PADA MATERI RUANG DIMENSI TIGA
Abstract
Siswa masih mengalami masalah dalam pembelajaran matematika di sekolah sehingga guru dituntut berinovasi dalam pengembangan bahan ajar berbasis digital untuk meningkatkan motivasi belajar siswa salah satunya melalui pengembangan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk E-LKPD dengan aplikasi geomath room dalam media pempelajaran berbasis STEM pada materi ruang dimensi tiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media pembelajaran digital berbasis STEM pada materi ruang dimensi tiga yang dikemas dalam sebuah aplikasi bernama Geomath room. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 8 Denpasar tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap diantaranya adalah Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Uji coba produk dilakukan setelah media pembelajaran divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan yaitu wawancara, kuesioner dan tes untuk menguji keefektifan produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, lembar validitas ahli, lembar validitas respons siswa dan guru. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dari uji coba tersebut didapatkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah efektif dan praktis untuk digunakan pada saat proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa aplikasi geomath room berbasis STEM pada materi ruang dimensi tiga berkualitas dilihat dari aspek valid, efektif dan praktis.