TINDAK TUTUR GURU DALAM PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI SMAN I KOTA PASURUAN
Keywords:
ilokusi, tindak tutur, jenis tindak tutur, PjBLAbstract
Dalam pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL), guru harus berkomitmen lebih interaktif dalam pembelajaran untuk mencapai hasil yang lebih berkualitas. Untuk lebih interaktif, keberadaan tindak tutur guru yang sesuai dengan konteks, tema, hubungan sosial, dan hubungan psikologisnya akan menentukan kekomunikasian selama kegiatan pembelajaran berbasis proyek sehingga siswa dapat menerima pesan secara optimal. Dengan demikian, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan memperoleh gambaran objektif tentang tindak tutur guru dalam pembelajaran berbasis projek. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun data penelitian ini berupa tuturan guru beserta konteksnya. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru di SMAN I kota Pasuruan pada pembelajaran berbasis proyek semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dengan teknik simak catat. Sedangkan instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik analisis dilakukan melalui (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) verifikasi hasil analisis data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dapat ditemukan antara lain bentuk tindak tutur memberi penanda (speech acts were by giving signs), tindak pemancingan (elicit act), tindak memberi informasi (Informative Act), tindak menerima (Accepts Act), tindak meminta balasan (Reply Act), tindak memberi komentar (Commenting Act) dan fungsi edukatif tindak tutur guru dalam pembelajaran berbasis projek di SMAN I kota Pasuruan.