TARI REJANG SARI: MENGUNGKAP BENTUK, FUNGSI DAN MAKNA IMPLIKASI TARI DENGAN KONSEP PENDEKATAN RITUAL
Keywords:
Tari Rejang Sari, Pendekatan Konsep Ritual, Bentuk, Fungsi dan MaknaAbstract
Bidang penelitian pendidikan seni tari memiliki pendekatan dan implementasi dalam bentuk desain penelitian yang dapat dikaji secara terbuka sebagai sebuah bidang kajian. Hal ini dapat diamati dari penulisan-penulisan tesis mahasiswa pendidikan seni tari. Mengungkap bentuk, fungsi dan makna substansi kajian implementasi filosofis dan kontekstual ini bertujuan untuk (1) menjelaskan substansi kajian dalam penelitian tari Rejang Sari dengan pendekatan konsep ritual dan (2) menjelaskan implementasi kajian bentuk fungsi dan makna tari Rejang Sari dengan pendekatan filosofis, simbolis dan kontekstual. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan data disusun dalam bentuk analisis deskriptif. Data dan informasi dikumpulkan menggunakan studi dokumen, wawancara, dan observasi, kemudian hasil analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan dua temuan. Pertama, penelitian pendidikan seni tari memposisikan kesenian (objek kajian) sebagai pendekatan konsep ritual. Kedua, model substansi kajian bentuk, fungsi dan makna pada penelitian seni tari khususnya tari Rejang Sari dilaksanakan secara terbuka berdasarkan aspek Sradha (Ngayah) dan Visualisasi ketulusan.