PROSES KREATIF DALAM PEMBELAJARAN DRAMA MUSIKAL BERBASIS LITERASI
Keywords:
Proses Kreatif; Drama musikal; LiterasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses kreatif dalam pembelajaran drama musikal berbasis literasi dan mengetahui jenis literasi yang dapat ditumbuhkan dalam proses pembelajaran tersebut. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena bahwa generasi Z, cenderung lebih memilih menonton tutorial di platform seperti YouTube atau Tiktok daripada membaca tutorial melalui buku panduan. Hal ini menunjukkan perlunya upaya menumbuhkan budaya literasi yang lebih kuat. Selain itu, penelitian ini juga mengantisipasi potensi plagiasi karya dengan menetapkan bahwa ide cerita dalam drama musikal harus bersumber dari buku. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan sampel purposive, yaitu mahasiswa yang menempuh mata kuliah drama musikal di Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta pada tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan tahapan analisis data menurut Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kreatif dalam pembelajaran drama musikal ini mengikuti tahapan kreativitas menurut model Wallas, yang meliputi persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Selain itu, pembelajaran ini berhasil menumbuhkan literasi baca tulis, literasi digital, dan literasi budaya di kalangan mahasiswa.