KEGIATAN APRESIASI SENI DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA MELALUI YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN

ANALISIS PADA SISWA KELAS XII 10 P6 SMA NEGERI 8 DENPASAR

Authors

  • I Gusti Putu Agung Ratih Mahayani Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Putu Agus Permanamiarta Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Apresiasi Seni, Youtube, Seni Budaya

Abstract

Kemampuan siswa dalam kegiatan apresiasi karya seni masih dalam proses penerimaan yang menyebabkan rendahnya tingkat apresiasi karya seni di kalangan siswa. Diperlukan penggunaan media inovatif untuk meningkatkan apresiasi seni siswa dalam pelajaran Seni Budaya. Media yang digunakan yaitu Youtube karena platform ini sangat populer di kalangan siswa. Youtube menyajikan konten yang mudah diakses kapan saja dan dimana saja serta memungkinkan siswa untuk belajar melalui dokumentasi karya seni dari berbagai budaya. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan apresiasi seni terdiri dari beberapa tahapan yaitu persiapan media, setting kelas, penyajian materi apresiasi, penggunaan media, pemberian tugas kelompok, presentasi konsep karya dan apresiasi seni yang dilakukan oleh guru dan siswa. Ditemukan beberapa kendala yang dihadapi siswa dalam mengakses Youtube diantaranya koneksi internet lambat dan kualitas video yang buruk. Hal ini dapat diatasi dengan mencari penyedia layanan internet yang lebih baik dan mengoptimalkan resolusi file video yang akan diunggah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Mahayani, I. G. P. A. R. ., & Permanamiarta, P. A. (2025). KEGIATAN APRESIASI SENI DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA MELALUI YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN: ANALISIS PADA SISWA KELAS XII 10 P6 SMA NEGERI 8 DENPASAR. SANKARA: Seminar Nasional Seni Pertunjukan Dan Pengajarannya, 1(1), 45–63. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sankara/article/view/5884