https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/issue/feed PROSPEK 2025-02-09T23:39:07+00:00 Putu Diah Asrida pdiahasrida13@gmail.com Open Journal Systems https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4270 Tri Kaya Parisudha : Local Genius Bali Membangun Karakter Wirausahawan 2024-12-08T07:48:09+00:00 Liska Luh De liska406@gmail.com Sadwika I Nyoman nsadwika70@gmail.com Indah Permatasari Lase indahpermatasari@uniraya.ac.id I Ketut Westra iketutwestra22@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan ajaran <em>tri kaya parisudha</em> sebagai <em>local geniu</em>s Bali dapat meningkatkan kualitas wirausaha yang berkarakter tercermin melalui kemampuan berpikir, berkomunikasi, dan berprilaku yang baik dan benar. Metode yang digunakan adalam penelitian ini adalah metode analisis&nbsp; deskriptif kualitatif dengan cara membaca dan mencatat beberapa hasil penelitian. Konsep ajaran <em>tri kaya parisudha</em> adalah upaya mengembangkan kepribadian dan karakter yang baik pada individu seperti berpikir yang baik, berbicara yang baik dan&nbsp; benar, berbuat atau melakukan apa yang baik dan benar. Pendidikan karakter juga merupakan suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi wirausaha guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi insan yang bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara. Dewasa ini karena&nbsp; terjadinya krisis moral yang berakibat pada prilaku negatif di masyarakat misalnya seperti penyalahgunaan obat-obatan terlarang, pergaulan bebas, pencurian, kekerasan terhadap anak, ketidak jujuran, etos kerja sangat rendah, tidak bertanggung jawab, perkelahian antar siswa, pemerkosaan, mutilasi, dan sebgainya. Karakter yang seharusnya sudah ditanamkan kepada seseorang dari sejak dini untuk meminimalis berbagai macam masalah sosial.&nbsp;&nbsp;</p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4289 Analisis Proses Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pembelajaran Al-Qur'an Dengan Menggunakan Metode Ummi Di SDN Jatimurni III 2024-12-09T06:43:14+00:00 Nisfa Laila Syahbani nisfalailasy@gmail.com Iik Nurulpaik iik.nurulpaik@upi.edu <p>Ekstrakurikuler pembelajaran Al-Qur’an merupakan suatu program yang dilaksanakan untuk siswa bisa membaca dan memahami Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Ummi di SDN Jatimurni III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini berjalan dengan baik. Setiap pertemuan sacara terstruktur dan menyenangkan sehingga proses pelaksanaan berjalan dengan lancar setiap pertemuannya. Ekstrakurikuler pembelajaran AL-Qur’an metode Ummi juga dilaksanakan setiap hari Senin, Rabu, dan Jum’at. Penelitian ini diharapkan menjadi kontribusi dan dan memberikan gambaran yang rinci mengenai proses penerapan metode Ummi sebagai model pembelajaran yang efektif dalam ekstrakurikuler pembelajaran Al-Qur’an di sekolah dasar.</p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4276 Analisis Implementasi Prinsip The Seven Habits dalam Membina Karakter Siswa di Sekolah Dasar 2024-12-08T15:34:28+00:00 Fadhila Nurul Aulia fadhilanurula@upi.edu Firman Robiansyah firmanrobiansyah@upi.edu Oki Suprianto okisuprianto@upi.edu <p>Sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk kebiasaan positif siswa sejak dini. Namun, banyak sekolah dasar yang masih memprioritaskan aspek akademik sehingga kurang memperhatikan pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi prinsip The Seven Habits dalam membina karakter siswa di sekolah dasar secara praktis dan efektif di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi literatur. Sumber data primer didapatkan dari buku dan data sekunder dari artikel, jurnal dan website. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip tersebut dapat membina karkakter tanggung jawab, disiplin, kolaborasi, empati, kepemimpinan, dan keseimbangan kehidupan siswa. Selain itu, peran guru sebagai teladan berkarakter menjadi kunci dalam keberhasilan implementasi nilai-nilai ini. Hasil analisis implementasi prinsip The Seven Habits di sekolah dasar diharapkan mampu diterapkan, sehingga menciptakan generasi siswa yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga memiliki karakter kuat dan kebiasaan yang efektif.</p> <p>&nbsp;</p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4280 Implementasi Program Bina Pribadi Islami (BPI) Dalam Pembinaan Karakter Siswa SDIT 2024-12-08T16:14:14+00:00 Amanda Zahra amandazahrasabila@upi.edu Firman Robiansyah firmanrobiansyah@upi.edu Oki Suprianto Okisuprianto@upi.edu <h1><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Kasus perundungan anak-anak masih menjadi persoalan serius dalam beberapa tahun terakhir. Masalah ini membutuhkan solusi berupa upaya pendidikan karakter pada anak sejak pendidikan dasar. Salah satu langkah nyata yang diterapkan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) adalah program Bina Pribadi Islami (BPI) yang bertujuan sebagai pelatihan karakter. Melalui pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian studi literatur, penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis implementasi Bina Pribadi Islami (BPI) dalam pelatihan karakter siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa program Bina Pribadi Islami bertujuan untuk membina peserta didik dengan nilai-nilai karakter. Program Bina Pribadi Islami ini memiliki empat aspek atau tujuan utama yaitu Akidah, Ibadah, Akhlak dan Tsaqafah melalui kegiatan pendampingan pekanan secara rutin, serta pembiasaan keagamaan harian. Dalam program BPI ini juga memiliki tujuan Berdasarkan temuan penelitian, diketahui bahwasanya program ini cukup efektif dalam membina karakter siswa, diharapkan dengan adanya penelitian ini menambah literatur dalam dunia pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar.</span></span></h1> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4281 Analisis Penerapan Etnomatematika melalui Permainan Engklek terhadap Pengembangan Kemampuan Visual-Spasial Siswa SD 2024-12-08T16:31:08+00:00 Anggita Ryandini Putri Gita 12anggianggi12@gmail.com <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran dari permainan engklek terhadap perkembangan kemampuan visual-spasial siswa SD melalui metode pembelajaran etnomatematika. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan menganalisis penelitian-penelitian yang relevan melalui artikel penelitian dan beberapa karya ilmiah yang sudah dipublikasikan. Hasil analisis menyebutkan bahwa dalam permainan engklek terkandung berbagai konsep geometri. Pembelajaran dengan bermain engklek mengajarkan siswa untuk mengenali, membandingkan, dan menganalisis bentuk-bentuk geometri. Permainan engklek juga dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa dalam memvisualisasikan pola, menyelesaikan masalah, dan berpikir kritis. Kesimpulannya adalah penerapan permainan engklek pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan visual-spasial siswa sekolah dasar.</p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4282 Implementasi Media Pembelajaran Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar 2024-12-08T16:48:41+00:00 raesithasafa Laksmi Puspa Hayatie raesithasafar@gmail.com <p><strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media pembelajaran flipbook pada siswa sekolah dasar, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media flipbook, faktor- faktor yang menjadi pendukung serta penghambat dalam penerapan media pembelajaran flipbook. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan </strong><strong>mengumpulkan beberapa sumber ilmiah seperti artikel, buku dan jurnal untuk setelah itu akan dilakukan analisis. Hasil studi literatur menunjukan bahwa implementasi media pembelajaran flipbook ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Media flipbook ini sudah dibuktikan pada beberapa sekolah yang menggunakan media dengan hasil yang meningkat seperti pada saat proses pembelajaran siswa menjadi aktif dan ekspresif sehingga suasana pembelajaran yang baik dapat meuntaskan tujuan pembelajaran yang akan diajar pada saat itu, Penggunaan media pembelajaran siswa ini juga dapat menstimulus siswa dalam mengasah kemampuan berfikir serta dapat memotivasi dan peningkatan pada hasil belajar siswa. </strong></p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4283 Strategi Pembelajaran Think-Pair-Share Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar 2024-12-08T16:47:28+00:00 Lina Marlina 99linamrln@gmail.com <h1>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode <em>Think-Pair-Share</em> (TPS) dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar. Studi ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan mengkaji berbagai penelitian terdahulu yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode TPS efektif dalam meningkatkan berbagai aspek keterampilan berbicara siswa, seperti keberanian berbicara, kelancaran menyampaikan pendapat, intonasi, dan kemampuan menyampaikan ide secara sistematis. Keunggulan metode TPS terletak pada tahapan diskusi berpasangan yang memberikan siswa kesempatan untuk berdiskusi dalam suasana yang mendukung sebelum berbicara di hadapan kelompok yang lebih besar. Metode ini juga membantu meningkatkan partisipasi aktif siswa, melatih keterampilan kolaborasi, dan mendorong keberanian siswa dalam mengemukakan pendapatnya. Selain itu, penerapan TPS mendukung terciptanya pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif.&nbsp;</h1> <h1>Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode TPS merupakan strategi yang efektif dan relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan bagi guru dalam memahami dan mengaplikasikan metode TPS secara optimal untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan demikian, metode TPS dapat berkontribusi pada pengembangan kemampuan komunikasi siswa secara menyeluruh.&nbsp;</h1> <h1><em>&nbsp;</em></h1> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4284 Analisis Penerapan Pembelajaran Etnomatematika Permainan Tradisional Boi-boian dalam Meningkatkan Kemampuan Geometri Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar 2024-12-08T16:47:32+00:00 Mita Agustin agustinmita09@gmail.com <h1>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan geometri matematika siswa sekolah dasar melalui metode penelitian literatur. Etnomatematika merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal seperti permainan tradisional, batik, makanan, dan budaya lokal lainnya ke dalam pembelajaran matematika, sehingga memberikan contoh-contoh yang lebih relevan bagi siswa&nbsp;dalam proses pembelajaran matematika di ruang kelas. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur terkait seperti jurnal, buku, dan hasil penelitian sebelumnya untuk mengevaluasi penerapan etnomatematika di tingkat sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis etnomatematika yang diterpakan secara terus menerus dapat meningkatkan pemahaman dalam konsep geometri siswa, keterampilan pemecahan masalah, dan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Selain itu, pendekatan ini memperkuat hubungan siswa dengan warisan budaya mereka, sehingga menjadikan matematika lebih bermakna dan kontekstual. Berdasarkan temuan penelitian ini, pembelajaran etnomatematika dapat direkomendasikan sebagai salah satu metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran geometri di&nbsp;sekolah&nbsp;dasar.</h1> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4285 Analisis kualitas program pildacil dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sekolah dasar 2024-12-08T16:50:06+00:00 Riscka Fazria Riscka riskafazria5@gmail.com <p><strong>Abstrak :</strong> Begitu pentingnya nilai karakter percaya diri yang harus dibangun sejak dini, melalui program yang disiapkan oleh lembaga kependidikan, mulai dari pembiasaan bahkan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan salah satunya program pildacil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas program pildacil dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sekolah dasar. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini akan mengumpulkan dan menganalisis berbagai penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan program pildacil dan perkembangan percaya diri anak dengan menggunakan metode studi litelatur. Penelitian ini juga diharapkan dapat menemukan elemen-elemen penting yang membuat program pildacil berhasil, serta faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan kepercayaan diri anak. Dalam upaya meningkatkan karakter percaya diri anak sekolah dasar, penelitian ini menyelidiki kualitas program pildacil. Hasil analisis menunjukkan bahwa program pildacil dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Program akan berhasil jika ada latihan berbicara teratur, umpan balik positif, dan lingkungan yang mendukung. Penelitian ini juga menemukan beberapa masalah dan hambatan dalam menjalankan program pildacil. Melalui studi literatur, penelitian ini menyimpulkan bahwa program pildacil memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan kepercayaan diri anak. Temuan ini memiliki implikasi yang signifikan bagi para pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan dalam merancang program pengembangan diri anak yang efektif.</p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4299 DAMPAK SOSIAL EKONOMI TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI 2024-12-11T13:49:30+00:00 Ni Luh Putu Ratnasari ratnas202021@gmail.com <p>Globalisasi yang berkembang pesat telah membawa dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan adalah kondisi social ekonomi masyarakat. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dampak sosial ekonomi terhadap kualitas pendidikan di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan mengkaji hubungan antara status sosial ekonomi dengan prestasi pendidikan serta faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi kualitas pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketimpangan sosial ekonomi berperan besar dalam menciptakan kesenjangan pendidikan antara kelompok masyarakat yang lebih kaya dan lebih miskin. Akses terhadap fasilitas pendidikan yang lebih baik, serta dukungan sosial dan ekonomi, sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perhatian lebih diperlukan untuk mengurangi ketimpangan sosial ekonomi agar tercipta pendidikan yang lebih merata dan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat.</p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4302 Dampak Globalisasi Dampak Globalisasi terhadap Ketidaksetaraan Ekonomi di Negara Berkembang 2024-12-13T01:38:15+00:00 Ni Luh Putu Della Sesilya Putri dellasesillya1122@gmail.com Ni Wayan Widi Astuti widiastuti@mahadewa.ac.id <p><strong>Abstrak</strong><strong> : </strong>Globalisasi merupakan fenomena yang telah mengubah wajah ekonomi dunia, khususnya di negara-negara berkembang. Globalisasi telah menjadi kekuatan dalam beberapa dekade terakhir untuk mengurangi ketimpangan antar ekonomi dengan memperluas peluang ekspor bagi ekonomi negara berkembang dan memacu pertumbuhan ekonomi mereka. Dalam proses integrasi ekonomi global ini membawa berbagai dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif. Salah satu dampak yang paling signifikan adalah ketidaksetaraan ekonomi yang semakin mencolok. Meskipun globalisasi membuka peluang bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan akses terhadap pasar internasional, tidak semua segmen masyarakat merasakan manfaatnya secara merata. Dalam konteks negara berkembang, globalisasi sering kali memperkuat kesenjangan antara kelompok kaya dan kelompok miskin. Akses terhadap pendidikan, teknologi, dan kesempatan kerja yang berkualitas masih terbatas bagi sebagian besar populasi. Sektor-sektor ekonomi tertentu, seperti industri teknologi dan jasa, cenderung lebih diuntungkan, sementara sektor pertanian dan manufaktur tradisional sering kali terpinggirkan. Selain itu, arus investasi asing yang masuk tidak selalu berkontribusi pada pemerataan distribusi kekayaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak globalisasi terhadap ketidaksetaraan ekonomi di negara berkembang dengan menggunakan data dari berbagai sumber. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun globalisasi berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tanpa adanya kebijakan yang inklusif dan adil, dampaknya justru dapat memperburuk ketidaksetaraan yang ada. Oleh karena itu, diperlukan upaya kolaboratif antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil untuk menciptakan sistem ekonomi yang lebih adil dan berkelanjutan.</p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4318 KESETARAAN GENDER DALAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT 2024-12-17T01:29:50+00:00 Ni Putu Srinadi Dewi Srinadi Dewi srinadidewi@gmail.com Ni Komang Sri Triani Dewi sritriani67@gmail.com Helmalia Putri helmaliaputrrii2@gmail.com Ni Luh Putu Yesy Anggreni yesianggreni@mahadewa.ac.id <p><em>Gender equality is one of the central issues in efforts to realize social justice and respect for human rights around the world. Development policies that increase productivity differences between men and women tend to worsen the income gap and further erode the economic status of women in the household. Studies have shown that gender equality has a positive impact on economic growth and poverty alleviation. This study aims to analyze the impact of gender equality on community economic development and empowerment. The method used in this research is a descriptive qualitative method to present an overview of the relationship between the concept of gender equality in development and community economic empowerment. The results of this study explain the need for women's empowerment programs in Indonesia. In addition, there is a need for education and promotion related to gender equality in order to actualize human rights protection. This is very important as a form of concern for human development that is oriented towards providing opportunities for people to be able to live their lives with respect. In fact, there is still a gap between the millennium development goals to promote gender equality and its actualization in Indonesia.</em></p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4319 Dampak Sosial Ekonomi dari Peningkatan Konsumerisme Digital di Kalangan Mahasiswa di lingkungan universitas PGRI Mahadewa Indonesia 2024-12-17T03:36:08+00:00 Linda Kulla kullalinda325@gmail.com Luh De Liska uhdeliska86@gmail.com Serniati Bulu erniati45@gmail.com <p><strong>Abstract</strong></p> <p>In the current digital era, digital consumerism is increasing, especially among students who have easy access to various online shopping platforms. This research aims to analyze the factors that influence digital consumerism behavior among 50 PGRI Mahadewa Indonesia University students and its impact on their social and economic aspects. Using quantitative methods, data was collected through online questionnaires distributed to respondents. The research results show that around Discounts and Promotions (90%) Special offers and promotions from online shopping platforms are very influential in driving purchasing decisions. 70% of college students make online purchases at least once a week, with factors such as social influence, ease of access, and online promotions as key drivers. Additionally, 60% of respondents reported an increase in spending on non- essential needs, indicating a significant impact on their personal financial condition. These findings also show that digital consumerism cannot influence social relationships, with 80% of respondents not feeling pressured to follow shopping trends. The conclusions of this research emphasize the importance of financial literacy among students to manage expenses and form healthier consumption patterns, as well as the need for attention from educational institutions to educate students about the risks of excessive consumptive behavior.</p> <p> </p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4322 Kepedulian Pemerintah Dalam Mengatasi Pengangguran Dan Kemiskinan Dalam Masyarakat 2024-12-19T03:52:08+00:00 Naufal Hakim hakimnaufal134@gmail.com Hotijah hotijahsahlan76@gmail.com Putu Siti Firmani putufirmani1971@gmail.com <p>Peran pemerintah dalam mengatasi permasalahan pengangguran dan ke miskinan di Indonesia melalui perspektif sosiologi ekonomi, yang mengintegrasikan analisis sosial dan ekonomi. Permasalahan pengangguran dan kemiskinan berkaitan erat, di mana peningkatan pengangguran berdampak langsung pada tingginya tingkat kemiskinan. Berbagai faktor penyebab tingginya tingkat pengangguran dan kemiskinan di Indonesia diulas, antara lain rendahnya akses pendidikan, kesehatan, terbatasnya lapangan pekerjaan, dan keterisolasian wilayah. Dampak dari krisis ekonomi 1997, serta penutupan beberapa perusahaan besar, semakin memperparah situasi ini.</p> <p>Pemerintah selama ini telah mencoba menanggulangi masalah ini melalui bantuan langsung tunai dan program jaring pengaman sosial, namun pendekatan tersebut masih kurang efektif karena masyarakat lebih membutuhkan peluang kerja untuk meningkatkan taraf hidup. Artikel ini menyarankan agar pemerintah berperan sebagai fasilitator, memberikan pelatihan keahlian, serta mendorong pembentukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin. Pemerintah diharapkan juga memperluas lapangan pekerjaan melalui kebijakan yang mendukung industri padat karya dan investasi di wilayah yang membutuhkan. Pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat serta mengurangi pengangguran dan kemiskinan secara&nbsp;berkelanjutan.</p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4279 Mendorong Kewirausahaan Biru Menuju Ekonomi Biru yang Berkelanjutan: Tinjauan Literatur 2024-12-08T16:07:30+00:00 Komang Ade Komala Savitri ade.komala@upi.edu <p>Kewirausahaan biru memainkan peran penting dalam ekosistem laut, memungkinkan para wirausahawan untuk mengembangkan bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan dalam pemanfaatan sumber daya laut. Penerapan inovasi ini dalam kegiatan industri dapat mengurangi eksploitasi yang merusak dan mendukung keberlanjutan lingkungan serta konservasi ekosistem laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis peran kewirausahaan biru dalam memajukan ekonomi biru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode SLR dan desain PRISMA. Beberapa tahap dalam desain PRISMA meliputi seleksi data, kriteria penelitian, dan ekstraksi data. Sumber data sekunder diperoleh dengan bantuan PoP8, yang dikumpulkan dari database Google Scholar dan Scopus. Pengumpulan data sekunder menggunakan kata kunci seperti 'Blue Entrepreneurship' dan 'Blue Economy.' Temuan penelitian menunjukkan bahwa kewirausahaan biru memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi biru yang berkelanjutan, dengan menyediakan solusi inovatif terhadap tantangan di lingkungan laut dan pesisir. Sektor ini memiliki potensi besar untuk berkontribusi pada ekonomi global melalui kolaborasi, inovasi teknologi, dan kebijakan yang mendukung.</p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 PROSPEK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4503 Eksplorasi Dinamika Kewirausahaan Sosial dalam Perspektif Ilmiah: Pendekatan Analisis Bibliometrik berdasarkan Basis Data Scopus 2025-01-30T01:55:23+00:00 Amir Machmud amir@upi.edu <p>Penelitian ini mengeksplorasi dinamika kewirausahaan sosial melalui pendekatan analisis bibliometrik berbasis data Scopus. Kewirausahaan sosial, yang mengintegrasikan nilai-nilai sosial dan inovasi bisnis, telah menjadi alat penting dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Studi ini menganalisis tren publikasi, pola kolaborasi, serta topik penelitian utama dalam literatur global tentang kewirausahaan sosial. Dengan menggunakan perangkat lunak Biblioshiny, data dari 227 dokumen terpilih dievaluasi untuk mengidentifikasi jurnal, penulis, institusi, dan kata kunci yang paling relevan. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam jumlah publikasi sejak tahun 2020, dengan fokus pada isu keberlanjutan, inovasi sosial, dan dampak ekonomi. Kolaborasi internasional juga tercatat tinggi, mencerminkan relevansi global topik ini. Analisis ini memberikan wawasan mendalam tentang lanskap penelitian kewirausahaan sosial dan kontribusinya terhadap pembangunan berkelanjutan, sekaligus menawarkan rekomendasi untuk arah penelitian di masa depan.</p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4504 Social Entrepreneurship as an Approach to Reducing Social and Economic Inequality: An SDGs-Based Perspective 2025-01-30T05:02:33+00:00 Luqman Hakim luqmanhakim@unesa.ac.id Irwan Adimas Ganda Saputra irwansaputra@unesa.ac.id Vivi Pratwi vivipratiwi@unesa.ac.id <p>Growing social and economic inequality is a significant challenge that requires innovative solutions. Social entrepreneurship comes as an approach that integrates social value in sustainable business models to address issues such as poverty, access to education, and job creation. Focusing on community empowerment and community-based problem solving, social entrepreneurship strategically supports sustainable development goals, such as poverty alleviation, inclusive economic growth, and reducing inequality. In Indonesia, this model has proven effective in helping marginalized groups through micro-enterprise development, skills enhancement, and optimization of local products. However, social entrepreneurship still faces challenges such as limited access to capital, lack of policy support, and lack of synergy with the private sector. Therefore, stronger collaboration between the government, private sector, and civil society is needed so that social entrepreneurship can become a motor of transformation towards a more inclusive, independent, and sustainable society.</p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4523 Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila dalam Kewirausahaan Sosial 2025-02-03T00:00:53+00:00 Luh Putu Swandewi Antari swandewiantari@gmail.com I Made Adnyana adnyana71@gmail.com <p>Pendidikan karakter berbasis Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki sikap moral yang baik dan kepedulian sosial yang tinggi. Dalam konteks kewirausahaan sosial, nilai-nilai Pancasila menjadi sangat relevan untuk memastikan bahwa setiap usaha yang dijalankan tidak hanya berfokus pada keuntungan finansial, tetapi juga menciptakan dampak sosial yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran pendidikan karakter berbasis Pancasila dalam membentuk sikap kewirausahaan sosial yang berlandaskan pada nilai-nilai keadilan, gotong royong, dan kemanusiaan. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji tantangan yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter berbasis Pancasila dalam kewirausahaan sosial, terutama dalam menciptakan wirausahawan sosial yang beretika dan berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dan analisis terhadap penerapan pendidikan kewirausahaan sosial yang berbasis pada nilai-nilai Pancasila di berbagai lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan sosial berbasis Pancasila dapat menghasilkan wirausahawan sosial yang tidak hanya mengutamakan keuntungan pribadi, tetapi juga berkomitmen pada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. Namun, implementasinya di lapangan menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya pemahaman tentang pentingnya integrasi nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum kewirausahaan sosial, serta kesenjangan akses pendidikan kewirausahaan sosial di daerah-daerah terpencil. Oleh karena itu, penting untuk memperkuat kurikulum kewirausahaan sosial yang tidak hanya mengajarkan keterampilan teknis, tetapi juga menekankan pada pembentukan karakter yang berbasis pada nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menyarankan pengembangan kurikulum yang berfokus pada etika dan keberlanjutan, peningkatan kompetensi pengajar, serta peningkatan akses pendidikan kewirausahaan sosial di seluruh Indonesia</p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/4536 Kepuasan Kerja Sebagai Pemediasi Pada Pengaruh Kompetensi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Koperasi Simpan Pinjam Di Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan 2025-02-09T23:39:07+00:00 Ni Putu Devi Ary Santhi deviary@mahadewa.ac.id Putu Eva Julianawati evajulianawati93@gmail.com Putu Eva Julianawati evajulianawati93@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan kompetensi kerja terhadap prestasi kerja dengan kepuasan kerja sebagai pemediasi. Penelitian ini dilakukan pada Koperasi Simpan Pinjam di Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dari Koperasi Simpan Pinjam di Kecamatan Tabanan yang masih aktif dengan jumlah karyawan 547 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dan diperoleh jumlah sampel 85 orang karyawan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan model persamaan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi kerja. Lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi kerja. Kompetensi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja. Lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi kerja. Kepuasan kerja mampu memediasi sebagian antara pengaruh kompetensi kerja terhadap prestasi kerja. Kepuasan kerja mampu memediasi sebagian antara pengaruh lingkungan kerja terhadap prestasi kerja.</p> 2025-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025