Analisis Proses Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pembelajaran Al-Qur'an Dengan Menggunakan Metode Ummi Di SDN Jatimurni III
Keywords:
Ekstrakurikuler, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Ummi, Sekolah DasarAbstract
Ekstrakurikuler pembelajaran Al-Qur’an merupakan suatu program yang dilaksanakan untuk siswa bisa membaca dan memahami Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Ummi di SDN Jatimurni III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini berjalan dengan baik. Setiap pertemuan sacara terstruktur dan menyenangkan sehingga proses pelaksanaan berjalan dengan lancar setiap pertemuannya. Ekstrakurikuler pembelajaran AL-Qur’an metode Ummi juga dilaksanakan setiap hari Senin, Rabu, dan Jum’at. Penelitian ini diharapkan menjadi kontribusi dan dan memberikan gambaran yang rinci mengenai proses penerapan metode Ummi sebagai model pembelajaran yang efektif dalam ekstrakurikuler pembelajaran Al-Qur’an di sekolah dasar.