Analisis kualitas program pildacil dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sekolah dasar

Authors

  • Riscka Fazria Riscka PGSD Kampus Serang

Keywords:

Rasa Percaya Diri, Program Pildacil

Abstract

Abstrak : Begitu pentingnya nilai karakter percaya diri yang harus dibangun sejak dini, melalui program yang disiapkan oleh lembaga kependidikan, mulai dari pembiasaan bahkan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan salah satunya program pildacil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas program pildacil dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sekolah dasar. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini akan mengumpulkan dan menganalisis berbagai penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan program pildacil dan perkembangan percaya diri anak dengan menggunakan metode studi litelatur. Penelitian ini juga diharapkan dapat menemukan elemen-elemen penting yang membuat program pildacil berhasil, serta faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan kepercayaan diri anak. Dalam upaya meningkatkan karakter percaya diri anak sekolah dasar, penelitian ini menyelidiki kualitas program pildacil. Hasil analisis menunjukkan bahwa program pildacil dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Program akan berhasil jika ada latihan berbicara teratur, umpan balik positif, dan lingkungan yang mendukung. Penelitian ini juga menemukan beberapa masalah dan hambatan dalam menjalankan program pildacil. Melalui studi literatur, penelitian ini menyimpulkan bahwa program pildacil memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan kepercayaan diri anak. Temuan ini memiliki implikasi yang signifikan bagi para pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan dalam merancang program pengembangan diri anak yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-21

Issue

Section

Articles