Analisis Penerapan Etnomatematika melalui Permainan Engklek terhadap Pengembangan Kemampuan Visual-Spasial Siswa SD
Keywords:
Etnomatematika, Permainan Engklek, Kemampuan Visual-SpasialAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran dari permainan engklek terhadap perkembangan kemampuan visual-spasial siswa SD melalui metode pembelajaran etnomatematika. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan menganalisis penelitian-penelitian yang relevan melalui artikel penelitian dan beberapa karya ilmiah yang sudah dipublikasikan. Hasil analisis menyebutkan bahwa dalam permainan engklek terkandung berbagai konsep geometri. Pembelajaran dengan bermain engklek mengajarkan siswa untuk mengenali, membandingkan, dan menganalisis bentuk-bentuk geometri. Permainan engklek juga dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa dalam memvisualisasikan pola, menyelesaikan masalah, dan berpikir kritis. Kesimpulannya adalah penerapan permainan engklek pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan visual-spasial siswa sekolah dasar.