Implementasi Program Bina Pribadi Islami (BPI) Dalam Pembinaan Karakter Siswa SDIT

Authors

  • Amanda Zahra UPI
  • Firman Robiansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Oki Suprianto Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Pendidikan Karakter, Bina Pribadi Islami, SDIT

Abstract

Kasus perundungan anak-anak masih menjadi persoalan serius dalam beberapa tahun terakhir. Masalah ini membutuhkan solusi berupa upaya pendidikan karakter pada anak sejak pendidikan dasar. Salah satu langkah nyata yang diterapkan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) adalah program Bina Pribadi Islami (BPI) yang bertujuan sebagai pelatihan karakter. Melalui pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian studi literatur, penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis implementasi Bina Pribadi Islami (BPI) dalam pelatihan karakter siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa program Bina Pribadi Islami bertujuan untuk membina peserta didik dengan nilai-nilai karakter. Program Bina Pribadi Islami ini memiliki empat aspek atau tujuan utama yaitu Akidah, Ibadah, Akhlak dan Tsaqafah melalui kegiatan pendampingan pekanan secara rutin, serta pembiasaan keagamaan harian. Dalam program BPI ini juga memiliki tujuan Berdasarkan temuan penelitian, diketahui bahwasanya program ini cukup efektif dalam membina karakter siswa, diharapkan dengan adanya penelitian ini menambah literatur dalam dunia pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-21

Issue

Section

Articles