Kemandirian Pendidikan: Eksplorasi Konsep Merdeka Belajar melalui Lensa Filsafat Pendidikan dan Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Educational Independence: Exploring the Concept of Independent Learning through the Lens of Ki Hajar Dewantara's Educational Philosophy and Thoughts

Authors

  • Liska Luh De Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Komang David Darmawan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Nyoman Sadwika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Merdeka Belajar, Filsafat Pendidikan, Filsafat Ki Hajar Dewantara

Abstract

Merdeka Belajar merupakan konsep pendidikan yang sedang gencar dibicarakan di Indonesia saat ini. Konsep ini muncul sebagai upaya untuk menciptakan pendidikan yang lebih inklusif, responsif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Dengan konsep Merdeka Belajar, baik guru maupun siswa diharapkan memiliki jiwa bebas dalam hal mengembangkan dan menggali potensi, bakat, dan kemampuan diri sendiri tanpa terkendala aturan dan ketentuan yang berlaku dalam pembelajaran. Pengaruh filosofi Ki Hajar Dewantara dalam konsep Merdeka Belajar dapat dilihat dari kesamaan nilai-nilai, seperti kebebasan dalam belajar, pendidikan holistik, pemberdayaan individu, dan peran keluarga, perguruan tinggi, dan masyarakat. Konsep Merdeka Belajar mengambil inspirasi dari pemikiran Ki Hajar Dewantara dan menerapkannya dalam konteks pendidikan modern di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-02-09

Issue

Section

Articles