PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA PGRI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

APPLICATION OF THE PROJECT BASED LEARNING MODEL TO INCREASE STUDENT LEARNING ACTIVITY AND ACHIEVEMENT IN ECONOMIC LEARNING IN CLASS XI IPS SMA PGRI 4 DENPASAR ACADEMIC YEAR 2023/2024

Authors

  • Lusia Ayu Anggraini Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA PGRI 4 Denpasar Tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 35 orang. Pelaksanaan pembelajaran oleh peneliti sesuai dengan prosedur yang di rancangkan peneliti dalam penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Penelitian tindakan kelas dirancang dan dilaksanakan untuk 2 siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahapan yang meliputi perencanaan (planing), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan reflektif (reflecting). Setelah pembelajaran berlangsung dilaksanakan evaluasi untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung diperoleh melalui observasi secara keseluruhan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran pada siklus I dan II, Ketuntasan belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketuntasan belajar yang diterapkan di sekolah tempat penelitian yaitu, kelas XI IPS SMA PGRI 4 Denpasar  dengan KKTP 75. Bila siswa mendapatkan nilai dibawah 75, maka siswa dinyatakan tidak memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Bila siswa mendapatkan nilai di atas atau sama dengan 75 maka siswa dinyatakan memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat dilihat siswa mendapatkan nilai 80 dan 85 berada di nilai Sangat Baik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi siswa dalam pembelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA PGRI 4 Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-02-19

Issue

Section

Articles