Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Bisnis Pada Siswa Kelas XI Bisnis Daring Dan Pemasaran Di SMK Negeri 1 Bangli

Application of the Project Based Learning Model to Increase Motivation to Learn Business Economics in Class Xi Online Business and Marketing Students at SMK Negeri 1 Bangli

Authors

  • Desak Putu Kutha Megarahayu SMKN 1 Bangli

Keywords:

Penerapan, Model Pembelajaran Project Based Learning, Motivasi

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata Pelajaran
Ekonomi Bisnis melalui implementasi model pembelajaran berbasis proyek yaitu Project Based
Learning (PjBL). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Bisnis Daring dan
Pemasaran di SMK Negeri 1 Bangli pada semester Ganjil tahun ajaran 2022/2023. Metode yang
digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pengamatan (observasi) dan tes. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa project based learning sangat efektif untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peningkatan rata-rata motivasi belajar rata-rata skor
motivasi siswa dan nilai kognitif siswa dari tahap pra siklus, dan siklus I.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-02-19

Issue

Section

Articles