Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Aplikasi Edpuzzle Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Mapel Ekonomi, Kelas X,Tahun 2023

Application-Assisted Application of the Problem Based Learning (PBL) Model Edpuzzle to Increase Student Motivation in Economics Subjects, Class X, 2023

Authors

  • Ida Bagus Yuda Permana SMA Negeri 1 Sukawati

Keywords:

Model Problem Based Learning, Edpuzzle, Motivasi belajar

Abstract

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Aplikasi Edpuzzle telah
menjadi perhatian dalam rangka meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran Ekonomi di
kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas metode ini dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa serta dampaknya terhadap hasil pembelajaran. Metode
penelitian yang digunakan melalui pemantauan secara langsung dan wawancara kepada seluruh
siswa kelas X. Penilaian dari antusias dan hasil tes kuis online serta hasil wawancara terhadap
pengaruh inovasi pembelajaran yang telah di terapkan di dalam kelas. Penerapan dalam
menggunakan model dan media belajar ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang
dapat terlihat dari antusias belajar, semangat belajar, dan dapat berfikir kritis dan kreatif.
Implikasi dari penelitian ini menggaris bawahi pentingnya integrasi teknologi dalam proses
pembelajaran untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Sementara itu, keterbatasan
penelitian ini juga diakui untuk memberikan landasan bagi penelitian lanjutan. Hasil dan
kesimpulan penelitian ini memberikan pandangan yang jelas mengenai manfaat penerapan PBL
berbantuan edpuzzle dalam meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas
X, tahun 2023, serta memberikan arah bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih
efektif

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-02-19

Issue

Section

Articles