Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X IPS SMA S Garuda Baturotok
Efforts to Improve Student Learning Outcomes Through the Use of the Discovery Learning Learning Model in Economics Subjects in Class X IPS SMA S Garuda Baturotok
Keywords:
hasil belajar, discovery learningAbstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran ekonomi siswa kelas X IPSĀ SMAS Garuda Baturotok semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 melalui penerapan metode discovery learning. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa X IPS sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data, member check, dan audit trail. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan hasil belajar prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa dari kondisi awal nilai rata-rata 59,14 menjadi 64,86 dan pada siklus kedua menjadi 73,71. Peningkatan ketuntasan belajar meningkat dari 9 siswa atau 25,71% menjadi 18 siswa atau 51,43% dan 91,43% atau 32 siswa pada siklus kedua. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery learning terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS SMAS Garuda Baturotok semester 2 tahun pelajaran 2020/2021