Manajemen Pembelajaran Inovatif Di Era Disruptif (Studi Kasus Sd Negeri 1 Apuan)

Innovative Learning Management in a Disruptive Era (Case Study of Apuan 1 Public Elementary School)

Keywords:

Era Disruptif, Manajemen, Pembelajaran Inovatif

Abstract

Era disrupsi dalam dunia pendidikan merupakan hal yang wajar, dimana untuk meningkatkan
sebuah pendidikan yang berkualitas perlu disesuaikan dengan kebutuhan serta perkembangan jaman.
Dalam menghadapi era ini, guru harus siap menghadapi tantangan agar bisa tetap memberikan yang
terbaik kepada para peserta didik. Bagi guru yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan penggunaan
teknologi dalam pembelajaran Jarak Jauh, maka pembelajaran akan terasa sangat sulit atau pembelajaran
tidak akan maksimal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pengelolaan pembelajaran inovatid yang seharusnya di
terapkan seoranh guru di era disruptif. Peningkatan produktivitas dan efisiensi pembelajaran wajib
dilakukan oleh guru dengan cara melakukan pembaharuan pada teori pedagogik, pendekatan,
metodologis, teknik mengajar, alat pembelajaran, proses pembelajaran maupun struktur institusional
sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang inovatif. Sebagai seorang guru juga hendaknya mampu
merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan melakukan pengawasan dalam pembelajaran
sehingga dapat dilakukan penyempurnaan pada penggunaan selanjutnya

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-13