Pentingnya Meningkatkan Literasi Digital Guru Untuk Menjawab Tantangan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19

The Importance of Increasing Teacher Digital Literacy to Respond to Learning Challenges During the Covid-19 Pandemic

Authors

  • Ni Wayan Widi Astuti Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Kadek Suryadi Artawan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Literadi Digital, Guru, Pembelajaran, Pandemi

Abstract

Pandemi menjadi tantangan baru bagi sekolah. Awal virus corona ditemukan ketika ada
penduduk kota Wuhan Cina terjangkit.Penyakit disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, sebelumnya orang
beranggapan gejala yang dialami sebagai flu biasa, sampai WHO mendeklarasikan pandemi COVID-
19. Sampai tanggal 26 Mei 2020, ada 5.406.282 kasus, termasuk 343.562 kematian. Untuk mengurangi
resiko penularan virus corona, diantara langkah prefentif yang telah diambil pemerintah adalah
menghimbau agar bekerja dari rumah, work from home (WFH), termasuk belajar dan beribadah di rumah
bahkan belanja dari rumah. Pasalnya, belum semua guru memiliki keterampilan dan literasi digital yang
memadai dalam menggunakan media pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sekolah daring menjadi kendala.
Belajar menjadi kurang efektif. Keterampilan digital guru diperlukan untuk persiapan agar nantinya guru
tidak mudah terpengaruh secara negatif saat menerima pengembangan teknologi terus menerus. Metode
yang digunakan dalam penulisan artikel adalah metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka,
referensi diambil dari beberapa artikel yang sesuai dengan tema artikel, pemilihan referensi berdasarkan
judul artikel, kata kunci, dan hasil dari artikel tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-13