Pemanfaatan Canva Sebagai Media Promosi Kreatif dan Inovatif pada Era Digital

Using Canva as a Creative and Inovative Promotion Media in the Digital Era

Authors

  • Kadek Ratih Kusuma Dewi Family
  • Ni Nyoman Padmi Harini Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Putu Adi Ananta Yoga Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Media Promosi , Kreatif Inovatif, Canva

Abstract

Abstrak: Era digital merupakan periode atau zaman dengan perkembangan teknologi yang pesat serta penerapan teknologi secara menyeluruh pada berbagai aspek. Dampak positif dari era digital adalah penyebaran informasi menjadi lebih mudah, cepat, dan jangkauan luas. Namun di sisi lain, transformasi dari konvensional menuju digital adalah tantangan bagi lingkungan masyarakat salah satunya yaitu pelaku usaha, karena dengan pesatnya perkembangan teknologi yang mudah dijangkau oleh masyarakat maka semakin tingginya jumlah pesaing atau kompetitor yang muncul di permukaan. Oleh karena hal tersebut, pelaku usaha harus melalukan promosi digital yang lebih keratif dan inovatif agar dapat bersaing di pasaran melalui Canva. Canva merupakan suatu aplikasi desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen serta konten visual lainnya. Canva sebagai alat bantu desain dan publikasi online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun. Di dalamnya terdapat beragam contoh desain yang dapat digunakan sebagai media promosi oleh para pelaku usaha. Berdasarkan hasil pengumpulan data dari beberapa sumber yang revelan yaitu wawancara beberapa pelaku usaha serta kajian pustaka berupa jurnal dari internet, pemanfaatan Canva sebagai media promosi kreatif dan inovatif cukup efektif serta efisien untuk meningkatkan pendapatan usaha.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-13