Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka

Preparation for the Implementation of the Independent Curriculum

Authors

  • Ina Indriyani Universitas Lambung Mangkurat
  • Raudhatul Jannah Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

Pendidikan, Guru, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) menghadapi pendidikan melalui sekolah untuk memberikan pembelajaran sesuai tantangan dan kebutuhan peserta didik, guru sebagai fasilitator, setiap peserta didik mempunyai minat yang berbeda sesuai potensi masing-masing. 2) meningkatkan kualitas sumber daya manusia. 3) menerapkan langkah-langkah pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang dijadikan arah pembelajaran ke depan.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mendeskripsikan hasil data yang diperoleh menggunakan kata-kata. Desain yang dipakai adalah Literature review, mengumpulkan data atau sumber yang berkaitan dengan topik penelitian yang didapat dari berbagai sumber bacaan.

Hasil penelitian didapatkan persiapan implementasi Kurikulum Merdeka harus melibatkan banyak pihak mulai dari sekolah, guru, peserta didik, wali murid, dan masyarakat. Pihak-pihak tersebut memiliki peran masing-masing dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Pembelajaran ditekankan untuk mengubah perilaku peserta didik, melalui pembelajaran berbasis proyek. Peran guru sangat penting, karena sebagai penggerak demi perubahan dan kemajuan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-13