Persepsi Guru Bidang Studi IPS di Smp Negeri 27 Banjarmasin Terhadap Kurikulum Merdeka

Teachers' Perceptions of Social Studies at Junior high school 27 Banjarmasin Against the Merdeka Curriculum

Authors

  • Raudhatul Jannah Universitas Lambung Mangkurat
  • Ina Eka Indriyani Universitas Lambung Mangkurat
  • Ma'nawiyah SMPN 27 Banjarmasin
  • Syaharuddin Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

Persepsi Guru, Bidang Studi IPS, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini membahas tentang persepsi guru bidang studi IPS tentang kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum yang fokus pada pemberian pengalaman belajar yang terbaik dan bermakna bagi siswa. Tinjauan pustaka terkait topik ini mengungkapkan beberapa bidang pertimbangan mengenai perspektif guru tentang penerapan Kurikulum Merdeka yang baru. Desain kualitatif diimplementasikan dan dilakukan pada guru bidang studi IPS di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru bidang studi IPS memiliki persepsi positif terhadap penerapan Kurikulum Merdeka, (2) terdapat lima indikator yang diperoleh dari persepsi guru terhadap Kurikulum Merdeka yaitu pandangan guru, kesiapan guru, Langkah-langkah yang disiapkan guru, pengalaman pribadi sebelumnya dan setuju dengan penerapan kurikulum merdeka. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa persepsi guru terhadap penerapan kurikulum Merdeka berpengaruh signifikan terhadap persiapan penerapan kurikulum merdeka di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-13