Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Banjarmasin sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Program PPG Prajabatan
Analysis of P5 Activities at SMA Negeri 4 Banjarmasin as the Application of Differentiated Learning in the Independent Curriculum of the PPG Program
Keywords:
Pembelajaran Berdeferensiasi, Kegiatan P5, Kurikulum Merdeka, Program Pendidikan Profesi Guru PrajabatanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kegiatan P5 sebagai proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah dan dampak implementasinya terhada mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan 2 informan yaitu seorang guru yang mengajar kelas X menggunakan kurikulum merdeka dan siswa kelas X yang mengikuti kegiatan P5. Selama pelaksanaan kurikulum merdeka, siswa harus membuat atau melaksanakan proyek. Salah satu kegiatan proyek kurikulum merdeka ini adalah pelaksanaan kegiatan P5. Kegiatan P5 merupakan kegiatan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan P5 yang dilaksanakan disesuaikan dengan 7 tema yang ditetapkan oleh Kemendikbud. Hasil proyek yang ditampilkan dalam kegiatan P5 ini adalah (1) Poster (2) Tarian (3) Setting puisi dengan musik (4) Teater (5) Vlog (6) Penjualan. Mempelajari PPKn dalam kurikulum mandiri ini hanya terdiri dari dua mata pelajaran, yaitu suara demokrasi. Dalam proses pembelajaran guru kelas X PPKn menggunakan model pembelajaran Blended Learning