Analisis Keterampilan Abad Ke 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Banjarmasin
The Analysis of 21st Century Skills Through the Implementation of the Independent Learning Curriculum at SMA Negeri 2 Banjarmasin
Keywords:
Keterampilan Abad 21, Implementasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Seiring berjalannya waktu, sistem pendidikan di indonesia terus mengalami perubahan demi mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik. Untuk meningkatan pembelajaran di sekolah, pemerintah mulai menerapkan kurikulum merdeka belajar yang merupakan kurikulum dimana gurudiberikan kebebasan untuk menggunakan perangkat ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat belajar peserta didik. Pembelajaran pada abad 21 menuntut pencapaian keterampilan abad 21 pada peserta didik. Hal ini juga merupakan tugas guru dalam menyesuaikan perangkat pembelajaran dan metode yang efektif untuk membentuk keterampilan peserta didik sesuai perkembangan zaman di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan abad 21 dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, keterampilan abad 21 sudah dapat direalisasikan dengan baik melalui proses pembelajaran khususnya melalui pembelajaran berbasis metode problem solving dan pembelajaran berbasis projek. Penerapan kurikulum merdeka mengutamakan pembelajaran berbasis proyek untuk mengimplementasikan profil siswa Pancasila. Hal ini juga sangat penting untuk pembelajaran di abad 21, dimana pembelajaran tidak hanya terfokus pada dunia pengetahuan tetapi juga menekankan pada penguasaan karakter, literasi, keterampilan dan teknologi.