Pengaruh Strategi Pembelajaran Reconnecting Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) Kelas IX di SMPN 5 Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022

The Effect of Reconnecting Learning Strategies on Increasing Student Learning Outcomes in the Integrated Social Sciences Subject (Economics) Class IX at SMPN 5 Kopang, Central Lombok Regency, Academic Year 2021/2022

Authors

  • Kiagus Yazid Fahmi Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • M. Rudi Irwansyah Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus komang Meka Putra Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas pendidikan Ganesha

Keywords:

Learning Strategies Reconnecting, Improving Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran rekoneksi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) Terpadu Kelas IX di SMPN 5 Kopang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan pola desain pretest-posttest. Subjek penelitian ini menggunakan 2 kelompok sampel yang dipilih secara acak (probability sampling) dengan metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan tujuan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMPN 5 Kopang dengan total 84 siswa. Subjek penelitian ini adalah kelas IX 1 dengan jumlah siswa 26 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX 2 dengan jumlah siswa 26 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) terpadu kelas IX di SMPN 5 Kopang 2021/2022. Berdasarkan analisis dengan data statistik, hasil perhitungan diperoleh dengan menggunakan analisis uji-T sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan strategi reconnecting learning lebih tinggi, dengan rata-rata hasil belajar siswa 66,15 (kelas kontrol) dengan peningkatan 1,22% dan 85,08 (kelas eksperimen) dengan peningkatan sebesar 18,93%. Pengaruh strategi reconnecting learning didasarkan pada analisis uji statistik perbedaan skor pretest dan skor posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen yang menunjukkan hasil posttest Equal Variance Assumed t = 11.123 yang berarti nilai p < 0,01 (t = 11,23 ; p < 0,01) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran reconnecting mempengaruhi hasil belajar siswa secara Terpadu Mata pelajaran IPS (Ekonomi) di SMPN 5 Kopang Kabupaten Lombok Tengah 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-13