Analisis Persepsi Peserta Didik Kelas X Pada Pembelajaran Ekonomi Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 4 Banjarmasin
Analysis of the perseptions of class X students in economics learning on application of the independent learning curriculum at SMA Negeri 4 Banjarmasin
Keywords:
Kurikulum merdeka belajar, Persepsi, PenerapanAbstract
Pada Penelitian ini membahas tentang analisis persepsi peserta didik kelas X terhadap penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 4 Banjarmasin. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif presentase. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling menggunakan rumus slovin, dengan 36 orang yang diambil sebagai sampel. Indikator berdasarkan menurut pendapat Walgit Bimo (2010:53) mengungkapkan bahwa persepsi merupakan 1) Penyerapan terhadap rangsangan atau objek yang berasal dari luar individu, 2) Pengertian atau Pemahaman, 3) Penilaian atau Evaluasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi peserta didik di SMA Negeri 4 Banjarmasin terhadap penerapan kurikulum merdeka belajar sudah dapat diterima dengan sangat baik sekolah sudah menerapkan digitalisasi dalam pembelajaran guru sudah menggunakan berbagai media berbasis digital seperti video pembelajaran, untuk kuis menggunakan aplikasi kahoot dan juga quiziz agar peserta didik dapat merasakan merdeka belajar mereka juga dibebaskan untuk mencari materi pelajaran bukan hanya dari buku lks saja tapi bisa melalui media lain sepeti handphone, ataupun dari koran dan artikel maupun jurnal ilmiah.