Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Era Digital di SMA Negeri 4 Banjarmasin
Teacher Perceptions in the Implementation of the Independent Learning Curriculum at SMA Negeri 4 Banjarmasin
Keywords:
Persepsi Guru, Kurikulum Merdeka Belajar, Era DigitalAbstract
Kurikulum merdeka belajar merupakan perubahan sebagai bentuk penyempurnaan kurikulum 2013 serta respons terhadap kebutuhan sistem pendidikan pada era digital, hal ini juga menjadikan guru harus melek teknologi. Perubahan ini mendapat ragam persepsi guru, ada yang mendukung dan ada yang mengeluhkan perubahan kurikulum yang dirasakan begitu cepat menggantikan kurikulum 2013. Mengingat keberhasilan program ini sangat tergantung dari para guru sebagai salah satu tonggak utama pendidikan yang harus mampu beradaptasi agar implementasi kurikulum dapat berjalan secara optimal. Dengan demikian, persepsi guru memberikan peranan penting dalam mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka belajar era digital. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang guru dan 1 wakasek kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SMA Negeri 4 Banjarmasin memiliki persepsi yang positif dan apresiasi yang baik terhadap pelaksanaan kurikulum merdeka belajar era digital. Hal ini terlihat dari adanya pengalaman para guru sehingga mereka dapat mendalami pelaksanaannya, memiliki pemahaman yang baik akan merdeka belajar, memahami adanya pengurangan konten yang bermanfaat baik untuk guru dan peserta didik, proses pembelajaran yang menyesuaikan karakter dan kebutuhan peserta didik, dan proses pelaksanaannya tidak lepas dari penggunaan teknologi untuk menunjang ketercapaian tujuan adanya kurikulum merdeka belajar era digital untuk kemajuan pendidikan dan mengikuti perkembangan IPTEK. Guru yang mengajar di kelas pelaksana kurikulum merdeka belajar merupakan guru pilihan sekolah, yaitu guru muda yang lebih kreatif dan melek teknologi sehingga mendukung penggunaan media digital dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar. Adanya persepsi positif ini menjadi pendukung keberhasilan pelaksanaan kurikulum merdeka belajar era digital di SMA Negeri 4 Banjarmasin.Downloads
Download data is not yet available.